Kredivo menjadi aplikasi yang memberikan pinjaman secara online dengan berbagai kemudahan di dalamnya. Namun, pengguna seringkali terganggu dengan hadirnya pesan atau bahkan penyalahgunaan data. Cara tutup akun Kredivo bisa menjadi solusi untuk meminimalisir kejadian tersebut.

Pengguna dapat menerapkan sejumlah cara mulai dari uninstall aplikasi hingga meminta bantuan call center. Berikut ini pembahasan selengkapnya tentang cara menutup akun Kredivo yang perlu diketahui!

1. Menghapus Data Aplikasi di Ponsel

Menghapus data aplikasi menjadi cara sederhana yang bisa dilakukan. Nantinya data akan terhapus otomatis dengan tampilan aplikasi kembali seperti awal dibuka. Berikut langkah yang dapat diterapkan dalam menghapus data di Kredivo, antara lain:

  • Langkah pertama, buka menu “Settings” yang ada di ponsel.
  • Lalu, lanjutkan dengan menjalankan opsi “Aplikasi”.
  • Cari dan pilih aplikasi Kredivo untuk dihapus datanya.
  • Kemudian, terdapat opsi “Hapus Data dan Cache”. Pengguna bisa mengklik pilihan “Hapus Data” untuk mengembalikan aplikasi seperti baru diunduh.

2. Menghubungi Call Center Kredivo

Cara tutup akun Kredivo dapat diterapkan dengan menghubungi layanan call center. Pengguna bisa melakukan pengajuan untuk menutup akun secara permanen, sehingga menghindari penyalahgunaan data. Inilah sejumlah langkah yang bisa dilakukan, sebagai berikut:

  • Pertama, pengguna bisa menghubungi layanan call center Kredivo melalui nomor 0807-1-573348.
  • Pastikan panggilan telah tersambung, lalu sampaikan kepada petugas bahwa ingin menghapus atau menutup secara permanen akun Kredivo.
  • Lalu, petugas akan meminta email atau username yang dipakai di akun Kredivo.
  • Tunggu beberapa saat sampai petugas kembali merespon.
  • Setelah itu, pengguna akan diminta untuk menyebutkan data yang valid maupun bukti pelunasan tagihan. Proses ini dapat mempermudah penutupan akun Kredivo.
  • Terakhir, data pengguna akan segera diproses dan akun akan ditutup permanen.

3. Menutup Akun Lewat Email

Selain menghubungi call center, pengguna juga dapat mengirim email pengajuan untuk menutup akun. Berikut ini sejumlah langkah yang dapat diterapkan via e-mail, antara lain:

  • Langkah pertama, pengguna dapat mengirim pesan pengajuan via email ke support@kredivo.com.
  • Selanjutnya, tulis pengajuan tentang penutupan akun dengan mencantumkan password dan username yang digunakan di Kredivo.
  • Tunggu balasan dari pihak Kredivo mengenai tindakan selanjutnya yang harus dilakukan pengguna.
  • Kemudian, pengguna biasanya akan dimintai data serta bukti pelunasan agar pengajuan segera diproses.
  • Terakhir, pihak Kredivo akan segera menghapus informasi serta menutup akun dalam waktu kurang lebih 30 hari.

4. Melakukan Uninstall Aplikasi Kredivo

Mencopot aplikasi Kredivo bisa menjadi alternatif bila pengguna tidak ingin berurusan dengan pinjaman online. Caranya jalankan menu “Settings” di ponsel lalu tekan opsi “Aplikasi”. Setelah itu, klik aplikasi Kredivo kemudian pilih “Uninstall”.

5. Menghubungi Pihak OJK

Apabila pengguna merasa data pribadinya disalahgunakan, menghubungi pihak OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dapat menjadi solusi. Pengguna dapat melaporkan masalah yang terjadi melalui kontak resmi 157, e-mail, WhatsApp, hingga website di ojk.go.id.

Pengajuan akan segera diproses jika aplikasi tersebut masuk dalam pengawasan OJK. Nantinya aplikasi tersebut akan ditindaklanjuti dan bahkan diblokir untuk mencegah timbulnya masalah baru.

6. Mengganti SIM Card

Setelah menutup akun Kredivo, pengguna juga bisa mengganti SIM Card. Tujuannya agar mencegah pesan dari pihak pinjaman online yang mungkin mengganggu. Selain itu, mengganti nomor dapat menghapus jejak pinjaman online yang pernah dipakai.

Demikian pembahasan mengenai cara tutup akun Kredivo yang perlu diketahui. Pastikan penggunaan telah memberikan data serta bukti yang valid agar pengajuan penutupan bisa diproses secepatnya. Perhatikan pula syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menghindari kesalahan.

Share.