Berbelanja online melalui Shopee banyak dipilih oleh masyarakat karena keuntungan yang didapatkan begitu melimpah. Proses pembayaran Shopee pun dilengkapi dengan PIN rahasia. Apabila PIN tersebut sudah diketahui orang lain, maka harus segera diganti. Berikut cara ganti PIN Shopeepay yang bisa diterapkan:

Cara Ubah PIN Shopeepay

Perlu diketahui bahwa PIN Shopee ini memiliki peranan yang penting ketika melakukan pembelian yang dibayarkan dengan Shopeepay. Kerahasiaan dari PIN ini pun harus dijaga dengan baik agar tidak disalahgunakan. Melakukan penggantian PIN nya pun bisa dilakukan dengan mengikuti cara berikut:

  • Mulanya pengguna perlu membuka aplikasi Shopee terlebih dahulu dengan mencarinya melalui menu pencarian yang tersedia pada HP.
  • Pengguna akan disuguhkan pada menu utama dari aplikasi ini. Segera pilih Shopeepay yang posisinya berada di tengah layar.
  • Terdapat beberapa menu yang bisa dipilih. Namun, pengguna hanya perlu fokus pada bagian pengaturan yang posisinya berada di bagian atas. Letak menu Pengaturan ini yaitu berada di sebelah tanda tanya sehingga tak akan sulit untuk mencarinya.
  • Klik menu Pengaturan tersebut dan pilih menu PIN yang posisinya berada di urutan nomor 4.
  • Menu yang paling atas menunjukkan petunjuk untuk ubah PIN ShopeePay yang dimiliki. Klik menu tersebut.
  • Cara ganti PIN Shopeepay berikutnya yaitu dengan memasukkan PIN yang lama pada kolom yang telah tersedia.
  • Kemudian, pengguna akan diberikan kolom untuk mengisi nomor PIN yang baru. Diharapkan untuk mempersiapkan angkanya terlebih dahulu supaya tinggal memasukannya saja.
  • Masukkan nomor PIN Shopeepay yang baru untuk menggantikan PIN yang lama.
  • Secara otomatis PIN pun akan tergantikan dengan yang baru sehingga untuk proses transaksi berikutnya bisa menggunakan PIN ini.

Alasan Melakukan Penggantian PIN

Penggantian PIN ini wajar saja dilakukan apabila memang pengguna ingin menggantinya. Biasanya beberapa orang melakukan penggantian ini karena memiliki alasan tertentu. Berikut beberapa alasan yang sering digunakan kenapa PINnya diganti:

1. Sudah Banyak Yang Mengetahui PIN-nya

Seseorang yang dengan sengaja membagikan PIN tersebut kepada orang lain merupakan perilaku yang kurang tepat karena akan membahayakan bagi pengguna. Namun, apabila sudah terlanjur membagikan PIN ShopeePay tersebut tak perlu khawatir karena bisa diatasi dengan baik.

Cara yang memungkinkan dilakukan untuk menghindari tindak kejahatan tersebut yaitu melakukan penggantian PIN-nya sesegera mungkin. Dengan menyimak informasi yang telah disajikan di atas, pengguna bisa dengan mudah melakukan penggantian PIN-nya. Waktu yang diperlukan pun hanya 1 menit saja.

2. PIN Susah Dihafal

Pengguna yang sering melakukan pembelian di Shopee menggunakan ShopeePay tentu akan lebih sering memasukkan PIN tersebut. Nyatanya, meskipun sering dipakai untuk melakukan pembayaran namun pengguna tak kunjung hafal dengan PIN lama yang dibuat oleh Shopee.

Tentu pengguna akan merasa kewalahan setiap akan memasukkan PINnya karena tidak hafal sehingga harus membuka tempat penyimpanan PIN tersebut. Tentu proses tersebut menjadi tidak singkat sehingga akan buang-buang waktu.

Solusi yang paling tepat untuk mempermudah proses pembayaran menggunakan ShopeePay yaitu dengan mengganti PIN-nya supaya lebih mudah diingat. PIN baru bisa dipersiapkan terlebih dahulu yang jumlahnya 6 digit. Menggunakan angka yang sama pun tidak masalah agar tidak sulit untuk dihafal.

Tak dapat dipungkiri bahwa cara ganti PIN Shopeepay yang sudah dijelaskan tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar 1 menit saja sehingga tak akan menyita banyak waktu. Siapapun bisa mulai mencoba caranya dengan langsung membuka aplikasi ShopeePay yang sudah diunduh melalui HP.

Share.