Tanpa disadari, pemakaian paylater justru membuat pengeluaran membengkak. Kemudahan akses dan pengajuan kredit seringkali membuat pengguna lupa akan cicilan yang perlu dibayarkan setelah transaksi. Wajar saja jika banyak yang mencari cara membatalkan Shopee Paylater.

Pada dasarnya, SPayLater memang bisa dibatalkan apabila memenuhi syarat pembatalan. Apabila tidak sesuai dengan syarat yang ditentukan, maka pengguna berkewajiban untuk menggunakan dan melunasi transaksi yang dilakukan terlebih dahulu. Simak apa saja syarat dan cara membatalkannya berikut:

Syarat Pembatalan

Seperti yang sudah disebutkan sedikit di atas, Shopee PayLater hanya bisa dibatalkan oleh pengguna apabila memenuhi syarat-syarat yang ditentukan oleh Shopee. Adapun beberapa syarat yang dimaksud tersebut antara lain ialah sebagai berikut ini:

  • Transaksi belum disetujui oleh Shopee.
  • Pengajuan kredit belum tercatat dalam sistem.
  • Kredit SPayLater belum dipakai untuk transaksi belanja.
  • Tidak sedang dalam proses menyicil atau meninggalkan tagihan yang berjalan.
  • Akun Shopee tidak sedang ditangguhkan.
  • Status pesanan dengan pembayaran SPayLater masih Dikemas.
  • Penjual harus menyetujui pengajuan pembatalan.

Cara Membatalkan

Sebelum melakukan langkah apapun untuk membatalkan SPayLater, pastikan untuk memenuhi syarat-syarat yang ditentukan seperti di atas. Berikut akan diulas bagaimana cara membatalkan Shopee PayLater dalam tiga cara yakni melalui telepon, email, dan aplikasi. Simak ulasannya hingga selesai:

1. Cara Membatalkan via Telepon

Pembatalan SPayLater menggunakan telepon artinya pengguna perlu menghubungi layanan customer service. Pastikan untuk menyediakan pulsa yang mencukupi sebelum melakukan panggilan ini. Berikut langkah-langkah pembatalan selengkapnya menggunakan panggilan ke customer service:

  • Pastikan sudah memenuhi syarat-syarat yang dituliskan di atas.
  • Siapkan informasi dan data akun Shopee yang akan dibatalkan SpayLater-nya.
  • Lakukan panggilan ke nomor 021 Jika tidak bisa, lakukan panggilan ke nomor 150072 sebagai alternatifnya.
  • Setelah berhasil terhubung, informasikan data diri akun Shopee.
  • Selanjutnya, informasikan juga maksud panggilan untuk membatalkan Shopee PayLater beserta alasan yang jelas.
  • Kemudian, petugas customer service akan segera memproses pembatalan SPayLater dan melakukan verifikasi pembatalan akun.
  • Tunggu hingga pengguna mendapatkan notifikasi pembatalan kredit SPayLater.

2. Cara Membatalkan via Email

Bukan hanya menggunakan panggilan telepon, cara membatalkan Shopee PayLater juga bisa menggunakan email. Meskipun cara ini memakan waktu yang lebih panjang, pengguna yang tidak bisa menggunakan cara sebelumnya bisa melakukan cara ini sebagai alternatif lain. Berikut ulasannya:

  • Masuk ke Pusat Bantuan Shopee yang bisa ditemukan di halaman profil bagian bawah.
  • Kemudian, pilihlah opsi untuk mendapatkan bantuan layanan CS.
  • Pilih metode email.
  • Selanjutnya, pengguna akan langsung diarahkan ke jendela aplikasi atau situs Gmail dengan alamat email tujuan yang sudah terisi dengan alamat support@Shopee.co.id.
  • Lengkapi email dengan judul email, Permohonan Pembatalan Shopee PayLater.
  • Kemudian, tuliskan maksud dari pengiriman email serta alasan pembatalan SPayLater yang benar dan jelas.
  • Pastikan untuk melengkapi informasi akun Shopee.
  • Selain itu, pengguna juga bisa memberikan lampiran berupa screenshot sebagai gambar pendukung untuk membantu CS menyelesaikan keluhan pengguna.
  • Jika sudah lengkap, tekan Kirim dan tunggu notifikasi lebih lanjut mengenai pembatalan SPayLater.

3. Cara Membatalkan via Aplikasi

Cara ini dapat dilakukan untuk membatalkan Shopee PayLater yang digunakan untuk membayar pembelian produk. Tentunya pengguna harus memastikan pesanan masih dalam status Dikemas. Jika sudah dikirim, pengguna tidak bisa membatalkannya. Berikut langkah-langkah selengkapnya:

  • Masuk ke aplikasi Shopee pengguna.
  • Kemudian, lanjutkan dengan masuk ke tab bagian Saya.
  • Tekan menu pesanan Dikemas untuk melihat pesanan yang akan dibatalkan.
  • Selanjutnya, pilih pesanan dan tap untuk masuk ke detail informasinya.
  • Tekan menu Hubungi Penjual dan sampaikan jika pengguna ingin melakukan pembatalan.
  • Apabila penjual sudah memberikan konfirmasi, pengguna bisa kembali ke halaman detail informasi pesanan dan tekan tombol Batalkan Pesanan.
  • Pilih opsi alasan yang sesuai.
  • Kemudian Konfirmasi guna membatalkannya.
  • Usai penjual memberikan konfirmasi pembatalan, nominal kredit pengguna akan kembali ke semula.

Itulah beberapa cara membatalkan Shopee PayLater yang bisa pengguna coba. Pastikan untuk menyelesaikan semua transaksi dan tagihan sebelum membatalkannya.

Share.