Bukan lagi hal yang mengejutkan jika masyarakat Indonesia saat ini diminta untuk segera memiliki bantuan berupa layanan khusus BPJS Kesehatan. Sayangnya, masih sedikit yang benar-benar tahu tentang cara klaim BPJS Kesehatan yang tepat dan tentunya sesuai dengan ketentuan yang ada.

Secara sederhana, setiap orang yang sudah masuk ke dalam daftar penerima layanan berupa BPJS Kesehatan ini bisa mengklaimnya dengan mudah. Hanya saja, tetap ada beberapa hal yang sebaiknya dipersiapkan dahulu sejak awal dan dengan matang, seperti dalam uraian berikut ini:

Apa Syarat untuk Klaim BPJS Kesehatan?

Sebelum mengenali informasi yang detail terkait dengan tata cara klaim BPJS Kesehatan yang memang tepat, maka sebaiknya kenali informasi ini. Ditambah lagi, jika ingin mencoba untuk mengklaim BPJS Kesehatan yang sudah dimiliki dengan tepat, maka kenali juga apa saja syaratnya.

  • Pastikan memang memiliki bukti sebagai pemilik atau pengguna BPJS Kesehatan.
  • Selain itu, pastikan memiliki formulir untuk klaim sesuai dengan jenisnya. Berkas ini sebaiknya disiapkan dalam jumlah tiga rangkap sejak awal.
  • Kemudian coba untuk menyiapkan bukti pelayanan kesehatan yang ada di aplikasi. Berkas ini diminta untuk bukti adanya proses rekapitulasi yang ada.
  • Jangan lupa untuk membawa materai yang sudah sesuai dengan ketentuan.
  • Bahkan bukti pelayanan yang lainnya juga harus ditandatangani anggota keluarga.

Tutorial Mengklaim BPJS Kesehatan

Kali ini, akan dijelaskan dengan lebih tepat mengenai beberapa jenis cara klaim BPJS Kesehatan yang sesuai dengan ketentuan secara resmi. Bagi yang ternyata belum pernah mencoba tata cara menarik ini, maka bisa segera mencobanya melalui penjelasan seperti di bawah ini:

1. Proses Persiapan sebelum Klaim

Pertama, hal yang sebaiknya dilakukan sejak awal oleh setiap orang adalah melakukan proses persiapan sebelum klaim layanannya dengan matang dahulu. Bagi yang masih merasa bingung, maka sebaiknya simak tata cara secara lebih lengkap dan detailnya dalam uraian di bawah ini:

  • Mulai dengan memeriksa dokumen mana yang memang perlu disiapkan dahulu.
  • Untuk berjaga-jaga, siapkan juga softcopy dari kartu BPJS yang ada.
  • Jangan lewatkan pula untuk mempersiapkan dokumen identitas yang akan diminta. Selain itu, siapkan juga bentuk fotokopi dari setiap berkas tersebut.
  • Untuk memastikan prosesnya berjalan lancar, pastikan sudah ada surat rujukan. Surat tersebut juga perlu disiapkan dalam bentuk fotokopi yang sama.

2. Proses Klaim dan Verifikasi

Kemudian ada juga cara lanjutan yang perlu dilakukan dengan tepat dan teliti ternyata baru pertama kali dan belum ada pengalaman. Demi bisa memudahkan ketika praktik klaimnya yang tepat, maka sebaiknya mulai dengan mengenali dan memahami setiap cara yang ada berikut ini:

  • Awali dengan menyiapkan waktu yang tepat sehingga bisa menghindari antrian. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan dengan kebutuhan yang ada.
  • Setelah itu, hanya perlu melihat mana rumah sakit yang tepat. Datang ke sana sesuai dengan jam untuk klaim layanan ini.
  • Jika sudah sampai di sana, maka lanjutkan dengan mengisi formulir. Sesuaikan dengan identitas yang ada yang sudah dimiliki sejak awal.
  • Terus berikan ke pihak sana dan tunggu proses untuk verifikasinya. Jika memang sudah berhasil, maka akan diberikan hasil yang sesuai

Uraian yang menjelaskan mengenai tata cara klaim BPJS Kesehatan yang ada seperti di atas tentu saja wajib untuk dipahami. Ditambah dengan adanya banyak syarat yang sebaiknya dipenuhi sejak awal sehingga nantinya bisa membantu proses klaim menjadi lebih cepat juga.

Share.