Belajar mengenai cara transfer saldo Google Play ke Gopay memang menguntungkan. Pada dasarnya aplikasi keuangan yang saling berkaitan tidak membuat penggunanya merasa ribet. Sama halnya dengan aplikasi keuangan lainnya, Google Play juga bisa dikaitkan dengan akun e-wallet.

Transaksi yang dilakukan bisa saja berhasil jika melalui langkah-langkah yang tepat. Selain itu, transaksi pemindahan saldo ini diawali dengan penghubungan ke dua akun. Baru setelah itu bisa diproses pemindahan saldo Google Play ke Gopay. Berikut ini adalah cara yang bisa dijadikan panduan dalam memindahkan saldo:

Jenis Produk Yang Tidak Bisa Ditukarkan Menjadi Uang Di Google Play

Jika berbicara mengenai transaksi yang gagal sebenarnya bisa dipengaruhi oleh beberapa sebab. Contohnya saja jenis akun yang digunakan, pihak Google sudah dengan jelas menyatakan bahwa transaksi untuk akun dibawah umur tidak bisa dilakukan. 

Google sudah menjelaskan mengenai produk-produk yang tidak bisa dicairkan menjadi uang. Berikut ini merupakan produk-produk yang termasuk kedalam kategori tidak bisa ditukarkan  menjadi uang di Play Store:

  • Kartu voucher play.
  • Saldo play prabayar.
  • Saldo play promosi.

3 Langkah Sederhana Transfer Saldo Dari Google Play Ke Gopay

Pemindahan saldo dengan nominal cukup besar memang beresiko, maka dari itu ada baiknya belajar mengenai cara yang tepat. Selain bisa meminimalisir saldo salah kirim, juga bisa menjaga keamanan akun. Berikut ini adalah cara transfer saldo dari Google Play ke Gopay yang paling sederhana:

1. Aktifkan Akun Gopay

Akun Gopay aktif merupakan akun yang bisa menerima saldo dari Google Play. Aktivasi akun ini dilakukan dengan sederhana melalui proses registrasi akun. Syaratnya juga tidak rumit, pengguna bisa melakukan proses registrasi dengan mudah. 

Pengguna baru yang kebingungang dengan cara registrasi akun Gopay tidak perlu risau lagi. Registrasi akunya bisa dilakukan dengan melalui cara-cara sederhana seperti berikut ini:

  • Mengunduh aplikasi Gopay melalui Play Store yang terdapat pada hp masing-masing.
  • Kemudian masuk pada aplikasi untuk memulai pembuatan akun.
  • Gunakan nomor hp dan alamat email guna menyelesaikan proses pembuatan akun.
  • Periksa kontak sms dan spam email barangkali kode verifikasi dikirimkan melalui dua cara tersebut.
  • Masukan kode verifikasi sesuai dengan kode yang masuk.
  • Tunggu sampai prosesnya selesai, maka dalam waktu yang singkat akun Gopay sudah aktif.
  • Update menjadi premium menggunakan fitur update agar bisa melakukan transaksi ke bank. 

 2. Mengatur Pemindahan Saldo

Cara transfer saldo Google Play ke Gopay selanjutnya adalah dengan mencari menu pemindahan saldo. Saldo ini akan mulai berpindah ketika pengaturan pemindahan atau transfernya sudah diatur dengan baik. Berbeda, jika akun yang digunakan sebelumnya sudah pernah melakukan transaksi ke e-wallet  maka tidak perlu mengaturnya kembali.

Selain Gopay terdapat metode pembayaran lainnya yang bisa dipilih dalam mencairkan uang di Google Play. Akan tetapi, jika dinilai dari nilai praktisnya Gopay menjadi pilihan pertama. Perlu diketahui bahwa pemindahan saldo dari Gopay berlangsung real time  jadi tidak beresiko transaksi gagal atau terkendala.  

 3. Memulai Transfer Saldo Dari Google Play Ke Gopay 

Transfer saldo dari Google Play ini hanya bisa dilakukan melalui aplikasinya langsung. Bila menemukan tutorial yang mengarahkan untuk menggunakan aplikasi lain, ada baiknya memeriksa apakah itu benar-benar aman atau tidak. Pengguna baru akun Google Play dan Gopay bisa memperhatikan langlah-langkah berikut ini untuk mempermudah proses transfer:

  • Buka menu pembayaran pada Google Play.
  • Tunggu sampai menu pembayaran dan nominal saldo dimunculkan.
  • Klik “Uangkan” kemudian atur ulang nominal saldonya.
  • Jangan lupa memilih metode pembayaran Gopay untuk mengisi metode transaksi.
  • Klik transfer

Seusai melakukan transaksi, lakukan pemeriksaan transaksi. Pastikan saldonya aman sudah masuk ke Gopay, baru bisa menyimpulkan cara transfer saldo Google Play ke Gopay ini berhasil. Bila masih belum sukses, cobalah mencari tahu apakah jenis akun yang dipakai saat ini, dengan begitu penyebab pasti transaksi gagal bisa diketahui.

Share.