OVO merupakan dompet digital yang sejak awal bekerja sama dengan Tokopedia dalam pembayaran belanja. Yaitu dengan mengisi saldo ke OVO layaknya seperti ShopeePay. Hanya saja, bagaimana cara menggunakan OVO point di Tokopedia jika sudah menumpuk banyak?

Pembayaran di OVO bisa dilakukan dengan dua cara yaitu dengan OVO point dan OVO Cash. Pada artikel ini akan dibahas cara menggunakan OVO point untuk belanja di marketplace Tokopedia. Kenapa harus menggunakan akun OVO? Temukan jawabannya pada ulasan selanjutnya!

Apa Itu OVO Point di Tokopedia?

Seperti yang sudah dijelaskan sedikit, OVO adalah salah satu metode pembayaran di marketplace Tokopedia. Jika ingin memakai saldo OVO untuk pembayaran di sana, maka pengguna wajib menghubungkan akun tersebut sebagai salah satu metode pembayaran. Cara daftar OVO juga tidak susah. Bagi pengguna yang mempunyai aplikasi Grab pasti sudah punya.

Jika belum, bisa daftar terlebih dulu di aplikasi Grab atau melalui situs resminya di browser. Karena dengan OVO point, pengguna bisa membayar belanjaan secara gratis. Namun untuk mendapatkan point, akun OVO harus terkoneksi pada Tokopedia. Setelah itu, setiap kali selesai belanja pengguna akan mendapatkan satu point per transaksi.

Tidak hanya itu, OVO point bisa diperoleh dari program cashback saat berbelanja. Semakin sering belanja dengan voucher akan semakin cepat penuh pointnya. Pengguna juga bisa menggabungkan 2 metode pembayaran bersama pengurangan point. Akan tetapi, jika secara keseluruhan tidak akan bisa mendapatkan promo gratis ongkir dan cashback.

Perlu juga diketahui, point OVO bisa juga diperoleh dari penggunaan Grab dan dapat digunakan untuk membayar pembelian lain di luar Tokopedia. Periksa secara bertahap. Jangan sampai kadaluarsa sebelum dipakai. Sangat sayang sekali kalau sudah banyak.

Cara Menggunakan OVO Point di Tokopedia

Selain ada banyak langkah untuk mendapatkan point OVO, terdapat banyak pula transaksi yang bisa dibayar dengan OVO, baik online maupun online. Hanya saja, tidak semua pembayaran di Tokopedia bisa memakai OVO point. Biasanya hanya menu pembayaran Top Up dan tagihan misal pulsa, BPJS, listrik, dan lainnya.

Kendati demikian, tetap bisa dipakai untuk belanja asal memenuhi jumlah nominal. Berikut cara menggunakan OVO point di Tokopedia dengan mudah!

  • Silahkan tekan keranjang untuk melakukan checkout barang.
  • Pada tampilan paling bawah, pilih ‘Bayar’.
  • Maka akan muncul berbagai jenis pembayaran termasuk OVO Point.
  • Kemudian konfirmasi dengan sidik jari atau PIN OVO yang sudah dibuat.
  • Lalu proses selesai dan tinggal tunggu barang dikirim.

Sebagai informasi tambahan, penggunaan OVO point sekarang ini tidak lagi dapat dipakai untuk pembayaran dengan gabungan metode pembayaran. Jadi pastikan OVO point tercukupi untuk pembayaran transaksi. Dulu padahal pembayaran Grab juga bisa menggunakan 2 metode selain OVO point.

Cara Menggunakan OVO Point di Merchant Offline

Apabila ingin menggunakannya di luar marketplace, pengguna bisa memilih merchant yang sudah bekerja sama. Umumnya hanya cafe, Matahari atau semua penjualan di mall besar. Tanya terlebih dulu atau lihat tanda di meja kasir. Jika ada pasti ada barcode untuk scan.

Namun kembali lagi pastikan harga belanjaan sesuai dengan nominal produk. Apabila kurang tetap saja tidak bisa. Akan tetapi, misalkan cukup, maka tinggal bilang ke kasir ingin membayar dengan OVO. Kemudian lakukan scan barcode dan masukkan jumlah pembayaran. Transaksi pun selesai serta barang bisa dibawa pulang.

Bagaimana? Mudah bukan cara menggunakan OVO point di Tokopedia. Kekurangannya yaitu tidak bisa dipakai untuk mengurangi pembayaran saat memakai metode lain. Berbeda dengan koin di Shopee.

Share.