Peran HR Consultant yang Tak Banyak Diketahui

peran HR Consultan yang tak banyak diketahui

Apa sih peran HR consultant Indonesia itu? Seperti yang diketahui, dalam setiap perusahaan pasti memiliki struktur organisasi utama. Biasanya struktur ini diisi oleh posisi direksi, direktur utama, hingga manajer. Setiap posisi memegang perannya masing-masing. Posisi senior dalam suatu perusahaan jarang sekali terdengar proses rekrutmen terbuka. Alasan utamanya adalah pihak perusahaan lebih mempercayakan proses seleksi kandidat kepada tenaga profesional HR consultant.

HR consultant Indonesia merupakan istilah bagi tenaga konsultan bidang penyedia jasa pencarian kandidat kerja. Tugas headhunter sendiri lebih spesifik atau sebagian besar merekomendasikan kandidat eksekutif dengan kualifikasi kemampuan yang sangat spesifik. Nah, peran jasa rekrutmen eksekutif ini sudah tidak asing lagi bagi para profesional di bidang tertentu, berikut ulasannya untuk Anda:

Memudahkan Tahapan Rekrutmen

Dalam rekrutmen kerja, semua kandidat wajib melewati semua tahap penyeleksian. Tidak jarang hal ini menjadi tugas yang memakan banyak waktu dan tenaga. Dengan alasan ini, headhunter akan berperan mencari, menyeleksi dan merekomendasikan kandidat sesuai permintaan. Pihak klien cukup memberikan job description, syarat dan ketentuan, kemudian semua proses rekrutmen akan dipegang oleh headhunter.

Mempercepat Pengisian Posisi

Sebagai konsultan tenaga kerja profesional, headhunter bekerja dengan tim yang berpengalaman dalam hal rekrutmen. Headhunter yang baik memiliki networking yang sangat luas. Hal inilah yang mendasari headhunter dapat menyelesaikan proses rekrutmen hanya dalam hitungan minggu, bahkan untuk posisi kerja dengan kualifikasi yang sangat ketat.

Memberikan Kandidat yang Tepat

Proses seleksi kandidat untuk posisi penting pada suatu perusahaan, tentunya tidak boleh sebarangan. Pihak headhunter memiliki database hasil kurasi ratusan calon kandidat dari segi kemampuan, keahlian, dan pengalaman. Misal kandidat terpilih berasal dari sebuah perusahaan, maka membujuk kandidat terpilih untuk menerima tawaran rekrutmen adalah peran khusus yang hanya dimiliki oleh headhunter.

Menghemat Biaya Rekrutmen

Biaya rekrutmen dengan bantuan jasa headhunter memang tidak sedikit atau berkisar 20 sampai 30 persen dari gaji satu tahun kandidat yang terpilih. Meski begitu, biaya ini lebih rendah dibandingkan dengan biaya rekrutmen mandiri oleh pihak klien. Selain itu, peran headhunter di sini menghindarkan klien dari risiko kekosongan posisi strategis perusahan, karena rekrutmen yang terlalu lama atau tidak ada kandidat yang cocok.

Percayakan proses rekrutmen eksekutif bersama tim terbaik executive search Indonesia, ProCapita. Agensi headhunter legal yang sudah dipercaya oleh ratusan klien dari bidang kerja yang berbeda. Seluruh proses rekrutmen eksekutif dilakukan secara profesional dengan tim rekrutmen terbaik.

ProCapita sebagai bagian HR consultant Indonesiaterpercaya, kami selalu dan hanya mengidentifikasi kandidat menggunakan direct approach headhunting. Artinya, 99% dari penempatan kandidat, kami kurasi dari beragam latar belakang yang berbeda secara langsung. Berdasarkan pengarahan klien, kami dapat merekomendasikan kandidat secara lokal, regional, atau global yang memenuhi syarat dalam waktu 7 hari setelah jadwal rekrutmen dibuka.