Saat berada di ATM tidak jarang saat ingin melakukan transaksi kartu ATM malah tertelan. Hal ini tentu membuat pemilik ATM panik dan tidak tahu bagaimana mengatasinya. Padahal cara mengatasi atm tertelan cukup mudah. agar tidak digunakan dengan salah oleh pihak yang tidak bertanggung jawab nasabah harus segera melaporkannya ke pihak bank.

Penyebab Kartu ATM Tertelan

Terdapat beberapa penyebab ATM tertelan mesin ATM. Penyebab-penyebab ini sering sekali tidak disadari oleh pemilik ATM. Adapun penyebab-penyebab kartu ATM tertelan yakni:

1. Salah Memasukan PIN ATM

ketika memakai mesin ATM untuk keperluan Tarik tunai, transfer maupun Tarik tunai, pengguna akan diminta untuk memasukkan Pin ATM. Pastikanlah pin ATM yang dimasukan benar karena jika pin yang dimasukkan salah sampai 3x maka terkadang kartu ATM akan tertelan mesin. Hal itu terjadi karena mekanisme sistem pengamanan untuk mencegah kartu ATM digunakan dengan salah oleh orang lain.

2. Kartu ATM Tertinggal Setelah Melakukan Transaksi

Nasabah terkadang sering lupa tidak mengambil kembali kartu ATM yang baru digunakan. Jika kartu ATM tidak diambil dalam waktu beberapa detik maka ATM dapat tertelan oleh mesin ATM. Akan lebih baik jika pengguna tidak buru-buru ketika memakai mesin ATM. Periksa kembali apa uang atau kartu ATM benar sudah diambil atau belum.

3. Mesin ATM Rusak

Penyebab kartu ATM yang satu ini bukan karena kesalahan manusia, namun disebabkan oleh mesin ATM yang rusak. Ketika mesin ATM rusak biasanya pihak bank akan memberi informasi akan tetapi jika mesin ATM rusak secara tiba-tiba maka kartu ATM akan tertelan. Pengguna diwajibkan melaporkan dan mengurus surat kehilangan serta membuat kartu ATM yang baru.

4. Listrik Mati

Jika listrik tiba-tiba mati saat sedang memakai mesin ATM, kartu ATM akan tertelan ke mesin ATM. Jika pemadaman listriknya sebentar ada kemungkinan kartu ATM akan keluar dari mesin. Akan tetapi jika pemadaman lama maka kartu ATM akan tertelan dan kartu akan sulit untuk didapatkan kembali.

5. ATM Rusak

ATM yang rusak juga akan menyebabkan kartu tertelan ketika digunakan. Kerusakan pada kartu ATM diantaranya kartu melengkung, kadaluarsa, terblokir, dan retak. Jika kartu ATM rusak seperti yang disebutkan tadi maka pengguna wajib menggantinya.

Cara Mengatasi Kartu ATM Tertelan

Usahakan jangan Panik jika kartu ATM tertelan mesin karena ada berbagai cara mengatasinya. Tentunya jika kartu ATM tertelan maka harus segera melaporkannya ke pihak bank. Berikut cara mengatasi ATM yang tertelan:

1. Datang Ke Bank Yang Bersangkutan

Cara mengatasi ATM tertelan yang pertama yakni dengan mendatangi langsung bank yang bersangkutan. Pengguna kartu ATM bisa langsung melaporkan masalah yang sedang dialami agar petugas bank bisa segera melakukan bantuan.

Petugas bank akan membantu mengembalikan kartu ATM yang tertelan. Akan tetapi jika kartu ATM yang tertelan tidak dapat dikeluarkan, maka pengguna dapat meminta bantuan customer service yang ada di bank tersebut. Customer service akan memblokir ATM serta mengirim uang yang tersisa di atm ke rekening lain.

2. Menghubungi CS Atau Customer Service

Ketika mengalami kartu ATM tertelan mesin ATM maka yang perlu dilakukan yaitu menghubungi CS. Hal itu dilakukan dengan tujuan untuk memblokir ATM yang tertelan tadi. Pengguna ATM bisa mencari nomor layanan di mesin pencarian. Jika masih ada dilokasi ATM maka pengguna bisa menemukan nomor CS yang terdapat di mesin ATM.

Namun akan lebih baik jika tetap mengecek nomor CS yang di ATM apakah sama dengan yang ada di mesin pencarian. Kenapa harus dilakukan pengecekan karena terkadang nomor yang ada di ATM adalah nomor palsu. Jika tidak melakukan pengecekan pengguna bisa saja malah terkena penipuan.

3. Membuat Surat Kehilangan

Cara mengatasi ATM tertelan selanjutnya yakni dengan melaporkan ke kantor polisi dan membuat surat kehilangan kartu ATM. Surat kehilangan berfungsi untuk memulihkan akun rekening yang kartu atmnya tertelan tadi.

Ketika ingin membuat surat kehilangan maka harus membawa syarat berupa kartu identitas seperti KTP. Tidak hanya KTP namun buku tabungan juga harus dibawa untuk memastikan apakah benar laporan kehilangan tersebut. Proses pembuatan surat kehilangan tidak memerlukan biaya alias gratis. Pemilik atm hanya harus menceritakan bagaimana kartu atm tertelan sebutkan kapan dan dimananya.

4. Membuat Kartu Atm Baru

Jika telah mengurus surat kehilangan kartu ATM di kantor polisi maka pemilik atm bisa mengganti atau membuat atm baru di bank yang bersangkutan. Customer service akan meminta surat kehilangan serta buku tabungan yang dimiliki. Customer service juga akan memeriksa identitas seperti KTP.

Saat membuat kartu atm baru akan dibebankan biaya materai 6000. Setelah itu. Customer service akan membuatkan kartu atm yang baru dengan kata sandi dan nomor rekening yang sama. Namun kartu atm yang tertelan tadi tidak dapat digunakan lagi karena sudah membuat yang baru.

Nah itulah penyebab dan cara mengatasi ATM tertelan. Selalu usahakan jangan panik jika atm tertelan. Berpikirlah yang jernih agar bisa menentukan solusi yang tepat dalam mengatasi kartu atm yang tertelan.

Share.