Pernahkah mengalami tagihan Shopee Paylater tidak muncul dalam aplikasi? Tidak perlu khawatir, mari simak ulasan berikut. Maraknya layanan fintech dengan konsep paylater cukup menarik perhatian masyarakat, khususnya di Indonesia. Pengguna dapat berbelanja online dengan metode pembayaran cicilan dengan persyaratan yang mudah.

Shopee turut menghadirkan layanan yang serupa dan dikenal dengan Shopee Paylater. Nantinya pengguna harus membayarkan cicilan tagihan tersebut dalam waktu yang telah ditentukan. Namun, terkadang tagihan tersebut tidak muncul dalam sistem aplikasi. Adapun penyebab serta solusi untuk mengatasinya sebagai berikut:

Penyebab Tidak Munculnya Tagihan Shopee Paylater di Aplikasi

Ketika telah memilih untuk menggunakan layanan Shopee Paylater, pengguna bisa menikmati berbelanja dahulu dengan membayar tagihan belakangan. Tagihan tersebut bisa dicicil hingga beberapa kali. Namun, tetap perlu diingat jangan sampai melewati batas waktu, karena akan dikenai denda jika melewati jatuh temponya.

Terkadang, tagihan-tagihan tersebut tidak muncul dalam aplikasi. Itu menyebabkan pengguna tidak mengetahui atau lupa jika memiliki tagihan yang harus dibayarkan dan bisa-bisa membayar melewati jatuh temponya. Lantas apa yang menyebabkannya? Inilah beberapa alasannya:

  • Jumlah tagihan yang harus dibayarkan belum tercetak atau muncul dikarenakan belum memasuki tanggal cetaknya.
  • Sever Shopee sedang bermasalah dan mungkin dalam masa perbaikan.
  • Cache aplikasi yang menumpuk di HP pengguna, sehingga aplikasi mengalami error dan tidak memunculkan tagihannya.
  • Koneksi internet yang tidak stabil.

Cara Atasi Tagihan Shopee Paylater yang Tidak Muncul di Aplikasi

Terdapat bberapa penyebab yang telah disebutkan tersebut yang membuat tagihan Shopee Paylater tidak muncul dalam aplikasi. Jika pengguna mengalami hal kendala tersebut, bisa coba ikuti beberapa cara berikut ini:

1. Mematikan Koneksi Internet Stabil

Aplikasi ini tentunya membutuhkan jaringan internet supaya dapat bekerja dan juga memerlukan sinyal yang stabil. Maka dari itu, pengguna perlu memastikan apakah internet yang digunakan dalam keadaan bagus atau tidak. Hal itu bisa menjadi penyebab tidak munculnya tagihan di aplikasi.

2. Menghapus Cache Aplikasi Shopee

Solusi lainnya, pengguna menghapus cache yang ada pada aplikasi. Bisa jadi sampah aplikasi sudah menumpuk, sehingga perlu menghapus supaya memori HP menjadi lapang dan aplikasi dapat bekerja seperti biasanya. Usahakan untuk menghapus cache secara rutin.

3. Memperbarui Aplikasi Shopee

Pengguna bisa mencobanya dengan memperbarui aplikasi Shopee ke versi terbarunya. Bisa jadi karena adanya sistem Shopee yang baru sehingga tidak memunculkan tagihan tersebut. Coba melakukan pemasangan ulang aplikasi.

4. Melakukan Restart HP

Salah satu caranya yakni dengan melakukan restart HP. Jika memang tagihan tidak muncul dalam beberapa waktu dan telah mencoba cara diatas tetapi juga tidak muncul, pengguna bisa mencoba cara ini. Biasanya cara ini cukup berhasil untuk memulihkan aplikasi yang sedang bermasalah.

5. Membayar Tagihan Sekaligus

Solusi alternatif lainnya yaitu pengguna bisa membayarkan tagihan secara sekaligus. Jadi tidak perlu menunggu tagihannya muncul, pengguna membayarkan tanggungan cicilan menyeluruh untuk menghindari jatuhnya tanggal tempo. Akan tetapi, sebaiknya cara ini dilakukan jika cara-cara yang lain tidak ada yang berhasil.

6. Menghubungi Call Center Shopee

Jika memang telah melakukan cara diatas akan tetapi juga tidak berhasil, cara terakhir yaitu dengan menghubungi pihak call center Shopee. Pengguna bisa menyampaikan keluhan tersebut melalui fitur Live Chat Aplikasi, telepon ke nomor 08001500702 dan via email support@shopee.co.id.

Itulah penyebab dan cara atasi tagihan Shopee Paylater tidak muncul di aplikasi. Pastikan untuk selalu mengeceknya supaya pengguna tidak terburu-buru karena mendekati waktu jatuh tempo.

Share.