Melalui aplikasi perbankan kini dapat dengan mudah untuk mengetahui uang masuk dan keluar tanpa perlu mengunjungi bank secara langsung. Misalnya untuk cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan ada berbagai macam. Tentunya akan lebih mudah lagi jika nasabah mengetahuinya.

BCA merupakan salah satu bank yang cukup banyak nasabahnya, terlebih lagi pelayanannya yang memang sangat dijempolkan. Akan disampaikan juga cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan serta hadir dalam berbagai metode. Untuk lebih jelasnya, coba ikuti pembahasannya berikut:

1. Mengecek Mutasi Rekening Melalui Bank

Metode pertama menjadi cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan paling umum dilakukan yakni dengan datang langsung ke teller. Jangan lupa juga untuk membawa buku tabungan BCA untuk menyalin pergerakan keluar masuk uang di rekening.

Sayangnya cara ini tidak dapat mengetahui keterangan tambahan seperti dana masuk atau keluar untuk siapa dan dari siapa. Pasalnya uang yang masuk dan keluar akan diberikan kode serta tanggal untuk membedakan pergerakannya.

Akan tetapi, cara ini dianggap paling mampu dan ampuh untuk melihat mutasi rekening bank sesuai waktu yang diinginkan. Bahkan tidak hanya 3 bulan, ketika nasabah meminta mutasi rekening 1 tahun terakhir saja dapat juga dilakukan.

2. Menggunakan Aplikasi BCA Mobile untuk Melihat Mutasi Rekening

Lanjut ke metode berikutnya yaitu dapat dilakukan dengan menggunakan aplikasi BCA Mobile yang berguna untuk apa saja. Sebenarnya BCA Mobile ini dapat digunakan untuk transfer, top up uang digital, hingga mengecek pergerakan uang di rekening.

Untuk melihatnya, pertama nasabah perlu masuk dan mengetikkan password aplikasi. Kemudian cari m-info untuk melihat informasi mutasi rekening. Tentukan periode waktu mulai hingga berakhir yang dapat diatur secara mandiri. Klik kirim dan langkah selesai.

3. Memanfaatkan Aplikasi LINE untuk Melihat Mutasi Rekening

Beralih ke cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan dengan melalui aplikasi chatting Line sebagai metode lainnya. Mungkin bagi beberapa orang masih bingung terkait Line sebagai aplikasi chatting, namun digunakan untuk melihat mutasi rekening.

Faktanya ternyata bisa, nasabah hanya perlu mengunduh Line terlebih dahulu kemudian login seperti biasa. Di Line akan muncul menu “Perbankan” dan langsung saja pilih. Selanjutnya cari menu untuk mengecek mutasi rekening. Ikuti petunjuk dan isi formulir, lalu selesai.

4. Mengirimkan SMS untuk Mengecek Mutasi Rekening

Selain menggunakan aplikasi, ternyata dapat juga mengirimkan pesan singkat untuk melihat mutasi rekening BCA yang dimiliki. Pertama jangan lupa pastikan memiliki pulsa yang cukup untuk mengirimkan dan menerima pesan singkat tersebut.

Kemudian buat pesan baru dengan mengetikkan “Mutasi” tanpa tanda petik dan dilengkapi dengan kode akses. Selanjutnya langsung tekan kirim ke nomor 69888 dan pastikan hingga masuk ke pesan keluar. Tunggu beberapa saat dan nasabah akan memperoleh informasi 5 transaksi terakhir.

5. Menggunakan Anjungan Tunai Mandiri (ATM)

Seperti biasa melakukan cara ini dengan memasukkan kartu ATM, menekan pin atau kata sandi yang dimiliki. Kemudian tentukan bahasa yang diinginkan dan selanjutnya nasabah akan melihat berbagai menu yang muncul.

Pada menu tersebut, pilih menu yang bertuliskan transaksi lainnya dan dilanjutkan dengan menu informasi. Berikutnya tunggu beberapa saat hingga struk tercetak. Usahakan jangan meninggalkan ATM hingga struk atau kartu ATM keluar.

Itulah beberapa hal yang dapat disampaikan tentang cara melihat mutasi rekening BCA lebih dari 3 bulan atau sesuai keinginan nasabah. Perencanaan yang matang dan perhitungan yang baik memang butuh perhatian pergerakan uang. Demikian dahulu pembahasan kali ini dan semoga bermanfaat.

Share.