Bank memang memberikan kemudahan kepada nasabahnya untuk mengajukan pinjaman langsung baik itu tanpa jaminan dan menggunakan jaminan. Tidak ketinggalan juga dengan Bank Rakyat Indonesia yang menawarkan berbagai jenis pinjaman. Syarat pengajuan pinjaman Bank Bri pun berbeda di setiap jenisnya.

Untuk keseluruhan jenis pinjaman yang diberikan ada kurang lebih tujuh belas pilihan yang bisa dipertimbangkan oleh nasabah. Mulai dari kredit usaha, kartu kredit, kepemilikan rumah sampai kepemilikan kendaraan. Termasuk lengkap dibandingkan dengan bank umum lainnya.

1. KPRS BRI

Kredit pemilikan rumah subsidi atau disingkat dengan KPRS adalah pinjaman yang dibutuhkan bagi nasabah yang ingin memiliki rumah. Namun tidak semua nasabah bisa mendapatkan pinjaman ini karena hanya nasabah yang termasuk ke dalam Masyarakat Berpenghasilan Rendah.

Nasabah yang bisa menerima pinjaman ini adalah nasabah yang pendapatannya kurang dari 4.000.000 per bulan. Untuk bunga subsidinya pun termasuk ringan dan fixed rate sebesar lima persen. Sedangkan untuk jangka pinjamannya paling lama bisa sampai dengan 20 tahun.

Syarat pengajuan pinjaman Bank Bri yang harus dilengkapi sebagai berikut:

  • Nasabah sudah memiliki KTP dan sudah berusia paling rendah 21 tahun atau sudah berstatus menikah.
  • Sudah memiliki rekening britama.
  • Sudah mengisi formulir KPR Bri.
  • Tempat tinggal nasabah masih satu wilayah dengan kantor cabang BRI.
  • Membawa dokumen seperti fotokopi KK, KTP, NPWP, pasfoto terbaru dan slip gaji.

2. KKB Mobil Bekas dan Baru

Memiliki kepanjangan Kredit Kendaraan Bermotor. Pinjaman kredit ini digunakan untuk nasabah yang ingin memiliki kendaraan bermotor baik bekas maupun baru. Program ini memberikan pinjaman paling banyak mencapai lima miliar rupiah.

Keunggulan yang ditawarkan adalah tidak ada biaya tambahan untuk provisi dan hanya memerlukan dp ringan mulai dari 25 persen saja. Untuk jangka waktu yang diberikan 4-5 tahun sesuai dengan mobil yang akan diambil.

3. Kupedes

Tujuan adanya jenis pinjaman ini adalah untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha mikro agar lebih layak serta mensejahterakan peminjam. Jadi pinjaman ini memang ditujukan untuk menggerakkan UMKM agar dapat bersaing.

Berikut adalah persyaratan untuk mengajukan pinjaman Kupedes:

  • Berkewargaan Indonesia dengan minimal usia 21 tahun.
  • Menyertakan dokumen NPWP dan juga KTP.
  • Adanya surat perizinan usaha atau surat keterangan kepemilikan usaha.

Untuk jangka waktu yang diberikan dibagi menjadi 2 yaitu KMK dan KL. KMK sendiri bisa mencapai waktu 60 bulan dan KL bisa lebih panjang sampai 120 bulan.

4. Briguna Purna

Jenis pinjaman ini ditujukan untuk para pekerja yang sudah pensiun namun berkeinginan untuk melakukan kredit. Untuk pembayarannya pun otomatis dipotong secara langsung dari dana pensiunan setiap bulannya. Jangka waktu yang diberikan pun cukup lama yaitu 15 tahun.

Serta maksimal umur pinjaman harus lunas pada usia 75 tahun. Keunggulan yang diberikan oleh pinjaman ini adalah prosesnya yang cepat dan mudah serta tidak ada batasan limit kredit. Limit kredit ini tergantung dengan kemampuan peminjam.

Ada pula syarat pengajuan pinjaman Bank Bri jenis ini meliputi kartu keluarga, KTP serta SK pengangkatan pertama dan terakhir. Dokumen lainnya adalah pasfoto, slip gaji, surat rekomendasi dan form peminjaman.

5. BRI KUR

Jenis pinjaman yang terakhir adalah Kredit Usaha Rakyat (KUR). Pemilik usaha mikro, kecil dan menengah dimudahkan dengan adanya pinjaman ini. KUR milik Bank Bri ini memiliki tiga jenis pinjaman yaitu Ritel, Mikro dan TKI.

Syarat pengajuannya pun cukup mudah usaha harus sudah beroperasi minimal 6 bulan dan tidak memiliki tanggungan kredit di bank lain. Ada pun dokumen yang harus dibawa yaitu surat izin usaha, kartu keluarga dan KTP.

Syarat pengajuan pinjaman Bank Bri terdapat dua persyaratan yang meliputi dokumen serta persyaratan sebelum melakukan pinjaman. Untuk persyaratan yang bersifat tidak dokumen disesuaikan dengan jenis pinjaman apa yang akan diajukan.

Share.