Ternyata fitur Shopee Paylater tidak bisa digunakan di toko tertentu yang ada di aplikasi Shopee. Banyak yang tidak mengaktifkan layanan tersebut karena berbagai hal. Pasti hal ini tidak diketahui oleh semua orang. Berikut terdapat beberapa penyebab serta cara untuk mengatasinya:

Faktor Penyebab

Saat sedang ingin checkout belanja di Shopee dengan menggunakan metode Shopee Paylater, namun tiba-tiba tidak bisa digunakan pasti akan membuat penggunanya bingung. Biasanya disebabkan oleh beberapa hal. Simak saja penjabarannya di bawah ini:

  • Toko yang digunakan untuk belanja tidak melayani sistem pembayaran Shopee Paylater, mungkin ada alasan tertentu kenapa toko tidak mengaktifkannya.
  • Jaringan internet yang digunakan oleh pengguna sedang tidak stabil, jadi bisa menyebabkan proses di Shopee menjadi error juga.
  • Sistem atau server yang ada di aplikasi Shopee sedang bermasalah, sehingga membuat semua fitur di dalam Shopee tidak bisa digunakan dengan normal.
  • Limit Shopee Paylater yang dipakai oleh pengguna untuk melakukan transaksi tidak cukup atau bahkan sudah habis.
  • Belum melakukan pembayaran terhadap tunggakan sebelumnya, sehingga menyebabkan akun pengguna untuk sementara waktu dibekukan sampai pembayaran dilakukan.

Cara Mengatasi

Apabila sudah mengetahui mengapa Shopee Paylater tidak bisa digunakan di toko tertentu, pengguna juga harus mengetahui cara untuk mengatasinya. Solusi di bawah ini akan membuat pengguna kembali bisa melakukan transaksi di Shopee. Mari lihat terdapat solusi apa saja:

1. Lunasi Tunggakan

Apabila yang menjadi penyebab adalah karena terdapat tunggakan yang belum dibayar, maka pengguna bisa melakukan cara yang satu ini. Karena, jika ada tunggakan bulan sebelumnya yang masih belum terbayar. Biasanya pihak Shopee akan menonaktifkan fitur tersebut.

Maka dari itu, jika ingin menggunakan kembali fiturnya segera lakukan pelunasan. Untuk pelunasannya bisa satu bulan sebelumnya saja. Metode pembayaran yang digunakan juga ada berbagai macam.

2. Gunakan Metode Pembayaran Lain

Jika barang yang akan dibeli hanya ada di toko tersebut, maka dengan terpaksa pengguna harus menggunakan metode pembayaran yang lain. Salah satunya adalah metode Shopeepay, yang mana merupakan fitur yang ada di Shopee juga.

Pengguna bisa melakukan saldo terlebih dahulu terhadap fitur tersebut, bisa melalui minimarket atau bisa juga melalui rekening. Nantinya saldo Shopeepay pasti akan bertambah dan bisa digunakan untuk transaksi belanja. Bisa juga menggunakan metode pembayaran lain yang ada di toko tersebut.

3. Cari Toko Lain

Solusi yang berikutnya adalah dengan mencari toko lain yang melayani metode pembayaran Shopee Paylater. Jika barang yang dibeli terdapat di toko lain, maka bisa menggunakan toko yang lain tersebut. Mungkin saja harganya lebih terjangkau dan bisa menggunakan Shopee Paylater juga.

Si pengguna bisa menggunakan beberapa voucher yang ada, bisa gratis ongkir atau sebuah potongan harga. Tentunya akan lebih hemat dan tunggakan Shopee Paylater pun akan lebih sedikit juga.

4. Perbarui Aplikasi

Untuk cara penanganan yang terakhir adalah dengan memperbarui aplikasi Shopee. Mungkin bisa saja fitur Shopee Paylater tak dapat digunakan, karena belum diperbarui aplikasinya. Hal tersebut juga sangat berpengaruh sekali terhadap kinerja aplikasi Shopee.

Namun, jika sudah diperbarui masih belum juga berhasil. Maka, bisa disebabkan oleh hal lain seperti server Shopee sedang bermasalah. Apabila hal itu terjadi, maka tunggu saja hingga server kembali normal.

Jadi, itulah beberapa faktor penyebab Shopee Paylater tidak bisa digunakan di toko tertentu saat akan melakukan transaksi. Terdapat juga solusi serta cara untuk mengatasinya dengan tepat dan juga mudah. Tetapi, harus dipastikan dahulu apa penyebab utamanya.

Share.