Langkah-Langkah Membangun Website Untuk Bisnis Online

Langkah-:angkah Membangun Website Untuk Bisnis Online

Langkah-Langkah Membagun Website Untuk Bisnis Online – Ada berbagai pilihan platform untuk Berbisnis Online. Anda dapat menggunakan media sosial, pasar, atau situs web. Website atau situs web adalah kumpulan halaman web yang terangkum dalam domain dan subdomain. 

Website juga dapat diartikan sebagai kumpulan halaman yang dapat menampilkan informasi, baik statis maupun dinamis yang membentuk rangkaian yang saling terkait. Masing-masing dihubungkan oleh jaringan halaman atau hyperlink.

Manfaat Dari Berbisnis Online

Sebelum Anda mengetahui langkah dalam berbisnis online melalui website. Anda perlu mengetahui apa saja keuntungan berbisnis menggunakan website. Berikut adalah manfaat yang Anda dapatkan dari berbisnis online menggunakan website:

Miliki Domain Anda Sendiri

Domain yaitu adalah nama unik untuk dapat mengidentifikasi dalam web server di jaringan komputer atau internet. Jika Anda ingin berbisnis di dalam market place, maka Anda tidak perlu memiliki domain sendiri. Dengan memiliki situs web, Anda dapat memiliki domain sendiri. Sehingga akan lebih mudah bagi pelanggan untuk mengakses dan mengingat nama bisnis Anda.

Dapatkan Kendali Penuh Dalam Mengelola Bisnis Anda

Jika Anda bandingkan dengan berbagai berbisnis online dalam melalui market place, Anda juga akan dapat mendapatkan keuntungan yang lebih dalam mengelola berbagai bisnis online melalui sebuah website. Karena Anda memiliki kendali penuh dalam menjalankan bisnis dan membentuk branding. Selain itu, Anda tidak bergantung pada syarat dan kebijakan penyedia pasar.

Langkah-Langkah Berbisnis Online Melalui Website

Setelah mengetahui manfaat atau keuntungan berbisnis melalui website, Anda akan lebih percaya diri menggunakan website sebagai sarana berbisnis online. Berikut adalah langkah-langkah dalam berbisnis online melalui website:

1. Memilih Platform Situs Web

Ada berbagai macam platform website gratis yang tersedia dengan berbagai fitur yang telah ditawarkan, antara lain yaitu wordpress, shopify dan juga joomla. Saat ini wordpress merupakan platform yang paling banyak digunakan oleh masyarakat di dunia karena wordpress memiliki komunitas yang besar, gratis dan user-friendly.

2. Memiliki Hosting Dan Mendaftarkan Domain

Tentukan nama domain yang unik! karena akan menarik pelanggan dan memudahkan pelanggan mengingat bisnis Anda. Web hosting yaitu adalah salah satu server untuk dapat menyimpan data dalam bisnis online Anda.

Jika Anda tidak ingin repot mendapatkan hosting dan mendaftarkan domain, Nemolab dapat membantu Anda karena salah satu layanan yang disediakan oleh Nemolab adalah domain dan hosting.

3. Memasang CMS WordPress

CMS atau Content Management System bertujuan untuk mengelola konten pada website Anda sehingga dapat mempermudah pengelolaan website. Selain itu, CMS dapat membuat situs web bisnis online Anda ramah pengguna dan open source.

4. Memilih Tema WordPress

Pemilihan tema diperlukan untuk membuat tampilan website bisnis online Anda menjadi lebih menarik. Untungnya WordPress memiliki lebih dari 3.000 tema yang tersedia secara gratis. Saat melakukan tahap ini pada website Anda yang masih kosong sehingga Anda perlu melakukan penambahan dalam beberapa halaman contohnya seperti dalam halaman utama atau (home) dan juga kontak.

5. Merancang Halaman Situs Web

Merancang halaman web bertujuan untuk membuat situs web Anda lebih menarik dan terlihat profesional. Dalam mendesain halaman web, pengetahuan tentang pengkodean diperlukan.

Jika Anda membutuhkan bantuan mendesain website, Nemolab siap membantu karena selain menyediakan layanan domain dan hosting, Nemolab juga dapat diandalkan untuk mendesain halaman website Anda.

Baca Juga : Ide Bisnis Tanpa Modal Untuk Mahasiswa

6. Peluncuran Situs Web

Orang perlu mengetahui situs web yang Anda buat tentang bisnis online Anda. Oleh karena itu, langkah terakhir adalah membagikan informasi tentang website bisnis online Anda di media sosial.

Dengan demikian awareness terhadap brand atau produk bisnis online Anda akan semakin besar sehingga traffic website Anda akan meningkat. Demikianlah ulasan tentang langkah-langkah berbisnis online melalui website semoga bermanfaat.