Hari inproses mengirim uang tidak harus pergi ke bank secara langsung. Pasalnya sudah banyak aplikasi digital yang memfasilitasi untuk pengiriman uang. Salah satunya adalah kirim uang lewat Western Union ke rekening bank. 

Mungkin diantara pembaca masih asing dengan Western Union. Maka dari itu simak ulasan mengenainya, serta cara kirim uang lewat Western Union:

Apa Itu Western Union?

Sebelum membahas lebih detail mengenai langkah kirim uang lewat Western Union ke rekening bank. Kemungkinan ada yang belum paham, apa itu Western Union. Aplikasi Western Union sendiri adalah aplikasi yang mempermudah penggunanya saat hendak kirim uang.

Mungkin sekilas hampir sama dengan fungsi mobile banking pada umumnya, namun aplikasi ini sering digunakan sebagai pengiriman antar negara. Jadi, bagi yang sedang berada di negara lain, dan hendak berbagi ke tanah air sangat cocok menggunakan jasa ini.

Membicarakan aplikasi Western Union sebenarnya sudah berdiri sejak 1800a, namun disaat itu masih berupa layanan pengiriman telegraf pada wilayah Amerika saja. Seiring berkembangnya waktu, layanan tersebut berganti dengan layanan pengiriman uang.

Hingga saat ini Western Union telah berinovasi dengan adanya bisnis telekomunikasi. Sehingga layanan pengiriman uang bisa dilakukan antar negara. Misalnya jika di Indonesia layanan ini ditemukan pada Pegadaian, Pos Indonesia dan lain sebagainya.

Kirim Uang Menggunakan Western Union

Setelah memahami mengenai aplikasi Western Union. Maka saatnya pembaca juga memahami bagaimana cara kirim uang dengan memanfaatkan aplikasi Western Union tersebut. Tanpa basa basi lagi berikut ini ulasan lengkapnya:

1. Menggunakan Agen Western Union

Salah satu cara saat hendak mengirim uang menggunakan aplikasi atau agen Western Union adalah dengan memanfaatkan metode Money in Minute.  Hal ini juga bisa digunakan sebagai cara kirim uang lewat Western Union ke rekening bank Adapun caranya adalah sebagai berikut:

  • Mencari agen Western Union terlebih dahulu, pastikan lokasinya tidak jauh juga. Untuk mengetahui agen yang lokasinya dekat dengan tempat tinggal bisa cek di website resmi Western Union.
  • Selanjutnya, pengguna bisa mengisi formulir kirim uang. Adapun formulir tersebut disediakan oleh agen.
  • Pastikan pengguna memberikan data-data yang valid sesuai dengan permintaan di formulir.
  • Jangan lupa untuk menyiapkan uang yang akan dikirimkan secara tunai termasuk juga biaya transaksinya.
  • Agen akan membantu proses tersebut dan pengguna akan diberikan tanda terima sekaligus nomor pelacakan. Nomor ini harus disimpan, pasalnya akan dibutuhkan saat melacak proses transfer.

2. Menggunakan Aplikasi Secara Online

Selain mengirim uang secara langsung kepada agen, pengguna bisa memanfaatkan aplikasi Western Union dalam mengirimkan uang. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Mendownload aplikasi Western Union terlebih dahulu, atau masuk pada website resminya. Kemudian jangan lupa membuat profile online.
  • Pada bagian profile tersebut isi negara tujuan dan jumlah uang yang akan dikirim.
  • Pengguna bisa memberikan uang ke bank penerima. Sedangkan untuk pengambilan uangnya bisa dilakukan melalui agen. 
  • Untuk pengiriman tersebut membutuhkan waktu berbeda-beda, tergantung tujuannya jika pengguna melakukan transfer kepada kartu debit  dan e-wallet bisa sampai kepada penerima  hitungan menit. 
  • Namun jika dilakukan untuk transfer layanan perbankan internet kemungkinan sampai 5 hari kerja tergantung lokasi penerima.

Demikian itu beberapa ulasan mengenai aplikasi Western Union yang bisa menambah pemahaman pembaca. Selain itu juga dijelaskan juga terkait cara kirim uang lewat Western Union ke rekening bank. Jika pembaca berminat bisa langsung download aplikasi tersebut. 

Share.