Cara mengecek sisa KPR BTN tentu mungkin belum banyak diketahui terutama bagi yang baru mengajukan kredit perumahan tersebut. Mengetahui berapa sisa cicilan menjadi hal penting agar dapat mempersiapkan biaya yang dibutuhkan untuk segera melunasinya.

Beberapa cara bisa dilakukan oleh pemilik KPR BTN demi mengetahui jumlah sisa cicilannya atau sudah berapa kali pembayaran dilakukan. Penasaran dengan cara-caranya? Untuk itu, mari simak ulasan lengkapnya disini!

1. BTN Online atau Mobile Banking

Cara mengecek sisa KPR BTN yang pertama adalah dengan melalui BTN Mobile Banking. Ketika pertama kali membuka rekening di Bank, biasanya nasabah akan diminta untuk memiliki akses ke aplikasi Mobile Banking agar bisa mengakses segala informasi secara online, termasuk nasabah KPR.

Untuk mengetahui informasi tentang sisa KPR, nasabah bisa mengaksesnya melalui aplikasi ini dengan melakukan beberapa langkah:

  • Buka aplikasi BTN Mobile Banking yang sudah terpasang, lalu Login dengan akun yang telah dibuat saat membuka rekening.
  • Setelah berhasil masuk ke dalam akun, pilih menu “Pembayaran” dan pilih “Pembayaran Pinjaman”.
  • Kemudian, isi kolom rekening tujuan dengan nomor kontrak KPR yang dimiliki pengguna, tekan “Kirim” jika dirasa sudah benar.
  • Pastikan jumlah tagihan yang muncul di layar sudah sesuai dengan perjanjian kredit, kemudian masukkan nomor PIN terdaftar dan kirim.
  • Tunggu beberapa saat, dan sistem Mobile Banking akan memunculkan informasi terkait kredit perumahan yang dilakukan lengkap mulai dari waktu mulai hingga sisa pokok kredit.

2. Lewat Tokopedia

Kecanggihan teknologi yang ditampilkan oleh E-Commerce khususnya Tokopedia memungkinkan penggunanya melakukan pembayaran tagihan, termasuk angsuran KPR. Maka dari itu, melalui Tokopedia, nasabah BTN dapat mengecek sisa KPR-nya yang berada di BTN. Bagaimana caranya? Berikut langkah-langkahnya:

  • Pastikan sudah mengunduh dan memiliki akun Tokopedia sebelum melakukan pengecekan.
  • Setelah membuka aplikasi, tekan menu Top Up & Tagihan, kemudian tekan “Angsuran Kredit”.
  • Pilih BTN sebagai penyedia layanan, lalu isi nomor kontrak KPR yang dimiliki nasabah.
  • Jika sudah, tekan “Cek Tagihan”, dan seluruh informasi tentang angsuran yang sedang berjalan akan muncul secara lengkap.

3. Melalui Mesin ATM

Selain E-Commerce dan mobile banking, nasabah KPR BTN juga bisa mengecek  uang angsurannya melalui mesin ATM khusus untuk BTN. Bagi yang jarang menggunakan mesin ini tentu akan kebingungan untuk mengetahui tata caranya. Maka, berikut akan dibahas tentang cara mengecek angsuran melalui ATM:

  • Pergi ke mesin ATM terdekat, setelah itu masukkan kartu debit ke tempat yang sudah disediakan serta PIN-nya.
  • Tekan tombol “Transaksi Lainnya” dan pilih menu “Pembayaran”.
  • Pilih menu “Tabungan” dan tekan “KPR”.
  • Jika sudah, pilih menu “Informasi KPR” lalu masukkan “Nomor Kontrak” untuk mengetahui sisa angsuran yang harus dibayar dan tunggu hingga layar menampilkan seluruh infonya.

4. Via Email

Cara yang keempat untuk mengecek sisa angsuran KPR BTN adalah melalui email yang dikirimkan ketika nasabah telah berhasil membayar tagihannya. Informasi di dalamnya akan sangat lengkap mulai dari nomor rekening yang digunakan untuk membayar, tanggal mulai perjanjian kredit, hingga sisa pokok angsurannya.

5. Menghubungi Call Center

Dan cara yang paling terakhir untuk mengecek sisa angsuran adalah dengan menelpon Call Center. Terkadang, terdapat nasabah yang memiliki keterbatasan dalam penggunaan informasi atau alat online sehingga menghubungi call center adalah jalan satu-satunya yang bisa dilakukan.

Untuk melakukannya, nasabah perlu menyediakan pulsa yang cukup karena panggilan tersebut membutuhkan biaya. Kemudian tekan 021-1500286 untuk terhubung dengan CS Bank BTN. Setelah tersambung, ikuti panduan yang ada atau meminta bantuan petugas customer service untuk mengecek sisa angsuran KPR yang dimiliki.

Itulah 5 cara mengecek sisa KPR BTN yang perlu diketahui oleh setiap nasabah. Mengecek sisa angsuran dapat membuat nasabah untuk mengetahui waktu atau bahkan dapat dimanfaatkan untuk mempersiapkan sejumlah dana untuk melunasi angsuran tersebut. Cara yang mudah membuat nasabah tidak perlu bingung lagi untuk mengeceknya.

Share.