Bagi yang ingin terjun ke dunia trading, perlu tahu tips memilih saham yang bagus untuk trading supaya tak salah langkah. Mungkin ada yang bingung apa sih bedanya investing dan trading? Lihat lebih lanjut perbedaan dan tips menjadi seorang trader.  

Jika ingin menjadi investor saham, hal utama yang perlu diperhatikan adalah ketahui dulu tujuan untuk berinvestasinya. Apakah ingin investasi untuk tujuan jangka panjang atau hanya untuk investasi jangka pendek atau biasa dikenal dengan istilah trading. Lebih lanjutnya simak di bawah ini. 

Tips Memilih Saham yang Bagus untuk Trading 

Investor mempertahankan aset yang dimiliki di pasar modal untuk jangka panjang sedangkan trader tidak mempertahankan aset untuk waktu singkat. Trader biasanya menjual dalam kurun waktu bulan, minggu, hari atau jam. Maka dari itu, ada tips yang perlu diperhatikan trader biar tidak salah langkah: 

  • Lebih fokus ke saham yang likuiditas tinggi. Likuiditas yang dimaksud yaitu menggambarkan bahwa saham tersebut laku diperjual-belikan di pasar modal. Jika likuiditasnya saham suatu perusahaan tinggi maka semakin memudahkan bagi trader memperjual-belikannya pada harga yang diinginkan. Sehingga lebih bisa memaksimalkan keuntungan.  
  • Amati pergerakkan harga. Perubahan harga saham atau volatilitas adalah aspek penting. Saham dengan volatilitas tinggi dihubungkan dengan risiko yang tinggi juga. Pilihlah saham dengan volatilitas 3% atau lebih atau pilihlah saham dengan nilai beta lebih dari +1. 
  • Pilih saham yang terdaftar dalam indeks saham. Trader bisa membandingkan atau memilih saham yang terdaftar dalam indeks sebagai acuan. Misalnya seperti, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), indeks pada sektor industri, indeks LQ45 dan IDX30.  
  • Pilih saham yang mudah dianalisis grafiknya. Analisis teknikal perlu dilakukan dan diterapkan untuk investasi aset. Namun, aset yang memiliki pergerakan harga cepat sedikit sulit dibaca jika menggunakan analisis teknis dalam jangka waktu tertentu. 

Rekomendasi Saham yang Bagus untuk Trading 

Adapun beberapa rekomendasi saham yang bagus untuk trading yang bisa dipertimbangkan. IHSG diperkirakan terus melemah, yaitu berada di angka 6.718,29, sebelumnya turun sebanyak 0,06% di perdagangan kemarin. Meskipun begitu, peluang tetap menguat untuk perdagangan selanjutnya. Ada beberapa rekomendasi dari beberapa sekuritas yang bisa untuk dipertimbangkan: 

1. Artha Sekuritas 

Menurut Artha Sekuritas ada beberapa rekomendasi saham untuk hold dan buy. Lakukan hold pada PGAS dan TOWR. Lalu, buy  pada saham EXCL, DSNG, ASII, MIKA, ADRO dan ANTM.

2.  Pilarmas Investindo 

Sedangkan menurut Pilarmas Investindo, bisa memilih saham dari PT. Indika Energy Tbk (INDY) yang memiliki angka support RP2.230 dan angka resistance Rp2.510. Selain itu, nilai support PT. Timah Tbk (TINS) sebesar Rp1.270 dan nilai resistance Rp1.400 bisa jadi pertimbangan juga. 

3. Jasa Utama Capital Sekuritas 

Pihak Jasa Utama Capital Sekuritas menyatakan IHSG akan berada antara 6.640-6.760 alias melemah dikarenakan dollar Amerika mengalami inflasi. Adapun rekomendasinya yaitu lakukan buy pada saham ADRO, JPFA, PTBA dan TMAS. 

4. Phillip Sekuritas Indonesia 

Pihak Phillip Sekuritas Indonesia memprediksi bahwa nilai IHSG akan berada di nilai support 6.590 dengan nilai resistance 6.792. beberapa saham yang bisa jadi pertimbangan yaitu MICE, RUIS, ASII dan TMAS. 

5. Reswara Gian Investa 

Head of Investment dari Reswara Gian Investa, Bapak Kiswoyo Adi J. sendiri lebih menjagokan pada saham-saham bluechip. Berikut adalah saham yang bisa dibeli yaitu TLKM, BBCA, ASII, BBNI dan BBRI. 

Itulah sekilas informasi mengenai tips memilih saham yang bagus untuk trading bagi pemula. Lakukan lah trading pada platform yang telah terdaftar secara legal. Pahami setiap tips yang telah diberikan agar tak salah langkah. Selamat trading! 

Share.