Perkembangan Saham Nikel di Indonesia Yang Patut Disimak !

Saham nikel di Indonesia

Membicarakan mengenai saham pertambangan, orang cenderung akan membicarakan emas. Namun, kali ini ada nikel yang namanya mulai jadi sasaran investor. Maka dari itu simak ulasan mengenai perkembangan saham nikel di Indonesia hingga potensi yang membuatnya semakin berkembang saat ini:

Perkembangan Dan Alasan Saham Nikel Banyak Diburu Investor 

Pada akhir-akhir ini diperkirakan terjadi banyak kenaikan saham emiten pertambangan khususnya. Salah satunya adalah saham nikel di Indonesia, maka dari itu menyebabkan peningkatan harga saham nikel. 

Menurut data bursa efek Indonesia bulan Januari 2022, bahwa memang terjadi kenaikan emiten nikel ANTM BUMN.  Dimana kenaikannya hingga mencapai lebih dari 12%. Hal ini tidak lepas dari adanya potensi baik terhadap perkembangan nikel. 

Terlebih saat ini Nikel mulai banyak dibicarakan orang, dimana saham nikel di Indonesia mulai diburu banyak investor salah satunya karena banyak sentimen positif terhadap perkembangan nikel ke depannya. Dimana hal ini juga selaras dengan adanya pada kendaraan listrik. 

Pasalnya Nikel sendiri dijadikan sebagai bahan utama baterai pada kendaraan listrik. Dan pasti dimasa depan mobil listrik akan lebih banyak diproduksi besar-besaran.  Sehingga sudah sangat wajar apabila permintaan nikel di masa depan akan terus meningkat. Untuk kali ini nikel bisa diprediksi cukup menjanjikan. 

Namun sebenarnya prospek positif ini hanya berlaku di Indonesia saja. Sebab di Indonesia sendiri bahan utama baterai adalah nikel, tetapi jika di luar negeri misalnya Amerika Tengah baterai kendaraan listrik menggunakan bahan lain seperti litium dan sebagainya.

Tips Membeli Saham Nikel, Jangan Asal-Asalan

Walaupun jika membicarakan saham tambang orang akan cenderung menaruh investasinya kepada emas dan timah. Namun seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa Nikel cukup direkomendasikan untuk diburu. Tetapi, sebagai investor tetap pertimbangkan beberapa hal berikut ini:

1. Selalu Update Berita 

Salah satu hal yang membuat investasi nikel menjanjikan adalah adanya kabar bahwa akan ada rencana pembangunan proyek baterai listrik di Indonesia. Namun, sebelum memutuskan untuk membeli saham emiten nikel, ada baiknya kembali cek kepastiannya.

Kapan holding baterai kendaraan listrik di Indonesia tersebut akan beroperasi. Jadi, selalu update berita terkini mengenai perkembangan nikel, termasuk juga kejelasan terhadap berita tersebut. Apabila sudah jelas investor bisa bermain aman di saham tersebut.

2. Mengamati Prospek Kerja Emiten Nikel

Emiten sendiri bisa diartikan sebagai pihak utama yang melakukan penawaran umum, untuk menawarkan efek ke masyarakat. Tentunya emiten tidak serta merta dalam melakukan penawaran, setiap tatacara sudah diawasi undang-undang. Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membeli saham nikel di Indonesia perhatikan kinerja keuangan emiten nikel tersebut.

3. Membeli Saham Nikel Di Tempat Yang Terpercaya

Selanjutnya adalah memperhatikan cara membeli saham nikel. Pastikan dengan menghubungi broker sekuritas yang terpercaya. Namun, untuk saat ini sudah banyak aplikasi yang mudah untuk proses pembelian tersebut.

Jadi, cukup melalui smartphone pengguna bisa jadi investor. Namun, alangkahkah bijaknya sebagai seorang pemula, pastikan kumpulkan banyak informasi mengenai aplikasi tersebut sebelum memastikan akan melakukan deposit ke aplikasi tersebut.

Rekomendasi sekuritas yang bisa dipercaya meliputi Ajaib, Mandiri Sekuritas, Stockbit dan sebagainya. Untuk pembelian melalui aplikasi sebenarnya lebih simpel, pengguna tinggal download aplikasi, membuka rekening saham, kemudian akan diberikan SID Nasabah. Dan selanjutnya bisa deposit.

Demikian itu beberapa ulasan mengenai perkembangan saham Nikel di Indonesia. Ternyata potensi besar nikel tersebut dikarenakan adanya fungsi dari nikel yang ternyata tidak main-main, baja tahan karat ini tentu akan selalu dibutuhkan di masa yang mendatang.