Mengetahui Cara Beli Obligasi Lengkap Beserta Keuntungan Yang Diperoleh

cara beli obligasi

Dari beberapa instrumen investasi yang tersedia, Obligasi merupakan investasi yang tengah naik daun. Bukan tanpa sebab, hal ini dikarenakan investasi ini cukup menggiurkan terlebih di tengah pandemi kemarin. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika artikel cara beli obligasi banyak dicari.

Cara kerja Obligasi sendiri adalah sebagai investor yang membeli Obligasi berarti telah memberikan uang pinjaman kepada perusahaan tertentu atau pemerintah. Sehingga selain mendapatkan modal investor juga akan memperoleh bunga pembayaran. Bagi investor baru berikut cara beli obligasi dan keuntungannya:

Keuntungan Beli Obligasi

Instrumen investasi ini tengah banyak diburu oleh para investor. Tentu hal itu karena Obligasi mengundang banyak keuntungan bagi para investor yang berani menanamkan modalnya di investasi ini. Lalu apa saja keuntungan yang akan didapat dengan membeli obligasi, berikut ini ulasannya:

1. Membantu Dalam Verifikasi Portofolio

Dalam bermain saham Obligasi seorang investor harus bisa menentukan strategi yang tepat. Tidak dapat dipungkiri pasar saham memang menjanjikan keuntungan yang menggiurkan. Namun perlu diingat kerugian jug bisa terjadi apabila pasar tengah mengalami harga turun.

Tidak tanggung-tanggung kerugian yang berdampak bisa mencapai 10%. Oleh sebab itu dengan investasi Obligasi bisa sangat membantu dalam menstabilkan portofolio seorang investor. Karena dengan investasi ini dapat memperoleh pemasukan regular.

2. Memperoleh Dana Sesuai Dengan Perencanaan

Dalam dunia investasi likuiditas merupakan salah satu faktor yang perlu dipertimbangkan secara mendalam. Maka tidak mengejutkan jika likuiditas banyak mempengaruhi para investor dalam memilih instrumen investasi yang akan digeluti.

Namun dalam investasi Obligasi, investor tidak perlu terlalu memikirkan tentang adanya likuiditas. Karena saat menanamkan modal pada investasi ini, uang yang akan didapatkan akan sesuai dengan rencana. Tanpa dibebani likuiditas yang besar.

3. Memperoleh Penghasilan Pasif

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa dengan membeli obligasi investor akan memperoleh bunga pembayaran di waktu akhir jatuh tempo. Selain itu pengembalian dana juga dilakukan dengan cara regular. Tentu hal ini mampu memberikan penghasilan pasif dari dana yang ditabungkan.

Dengan menanamkan modal di obligasi investor dapat memperoleh keuntungan yang berlapis. Dari uang modal kembali, ditambah bunga pembayaran dan terakhir kenaikan dari harga beli apabila dijual. Karena itu semua tidak mengherankan jika obligasi merupakan investasi paling diincar.

Cara Beli Obligasi

Setelah mengetahui apa saja keuntungan yang akan diperoleh dengan membeli obligasi. Sekarang saatnya untuk membahas macam mana cara beli obligasi. Bagi para investor yang baru saja terjun ke dalam investasi yang satu ini, dapat mencontoh prosedur seperti berikut:

  • Pertama-tama bukalah rekening pada sekuritas yang diinginkan. Dari sekian banyak sekuritas investor dapat memilih Mandiri Sekuritas hingga BCA Sekuritas sebagai broker terpercaya.
  • Setelah itu pahami serta pelajari produk obligasi yang tersedia di perusahaan sekuritas yang telah dipilih.
  • Kemudian pihak sekuritas akan memberikan amanat beli kepada investor yang berperan sebagai trader.
  • Selanjutnya para investor wajib menyiapkan dana yang sesuai dengan ketentuan Obligasi yang terdapat pada amanat beli yang telah diberikan.
  • Terakhir melakukan transaksi pembayaran pembelian obligasi sama dengan harga yang telah disetujui. Dan setelah itu Obligasi yang sudah dibayar akan secara otomatis terdaftar di rekening perusahaan sekuritas yang telah dipilih.

Itulah penjelasan tentang bagaimana cara beli obligasi lengkap beserta keuntungan yang akan didapat. Diharapkan dengan membaca artikel ini semakin menambah pemahaman tentang instrumen investasi yang satu ini. Sehingga investor dapat memperoleh keuntungan yang maksimal saat menanamkan modal dengan membeli obligasi.