Manfaat Asuransi Yang Wajib Kalian Ketahui

Manfaat Asuransi Yang Wajib Kalian Ketahui

Asuransi adalah salah satu jenis layanan keuangan yang sering sekali kita dengarkan . Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang tidak memahami Manfaat Asuransi itu sendiri . Selain itu, jenis asuransi yang sangat beragam sering membuat msayarakat bingung untuk memilih asuransi yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Perlu pengetahuan bagi masyarakat sebelum memulai menggunakan asuransi dari mulai mengetahui pengertian asuransi, manfaat asuransi hingga jenis-jenis asuransi yang ada. Jika memang sudah dapat memahami hal tersebut barulah masyarakat dapat menentukan asuransi yang tepat sesuai dengan kebutuhannya.

Apa itu Asuransi ?

Asuransi merupakan salah satu betuk pengendalian risiko yang dapat dilakukan dengan cara mengalihkan resiko dari pihak satu ke perusahaan asuransi.

Menurut KUHD pasal 246 disebutkan bahwa “asuransi atau pertanggungan adalah suatu perjanjian dengan mana seorang penanggung mengikatkan diri kepada seorang tertanggung, dengan menerima suatu premi, untuk penggantian kepadanya karena suatu kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan yang mungkin akan dideritanya karena suatu peristiwa yang tidak tentu”

Pengertian asuransi yang lain adalah merupakan suatu pelimpahan risiko dari pihak pertama kepada pihak lain. Dalam pelimpahan dikuasai oleh aturan-aturan hukum dan berlakunya prinsip-prinsip serta ajaran yang secara universal yang dianut oleh pihak pertama maupun pihak lain.

Dari segi ekonomi, asuransi berarti suatu pengumpulan dana yang dapat dipakai untuk menutup atau memberi ganti rugi kepada orang yang mengalami kerugian.

Manfaat Asuransi

Bayak sekali manfaat yang dapat kalian dapatkan ketika mulai menggunakan asuransi mulai dari manfaat umum sampai khusus nah pada kesempatan ini admin akan memberikan informasi mengenai Manfaat Asuransi Secara Umum dan Khusus

Manfaat Asuransi Secara Umum

  • Memberikan Ketenangan

Kita tidak akan pernah tau dengan apa yang akan terjadi dengan kita dikemudian hari. Setiap. Setiap hari ada kemungkinan terjadi kejadian-kejadian yang mungkin diluar dugaan dan mengakibatkan kita membuat pengeluaran tak terduga. Nah inilah manfaat dari asuransi jika terjadi hal-hal yang tak terduga dan memaksa  kalian untuk membuat pengeluaran lebih.

Asuransi memilik manfaat untuk memberikan perlindungan baik sebagia atau keseluruhan kewajiban pembayaran andan ketika terjadi sesuatu di luar kendali kita. Hal ini dapat memberikan ketenangan bagi pengguna asuransi dan dapat percaya diri dalam melakukan kegiatan sehari-hari.

  • Sebagai Tabungan dan Investasi

Pada saat mendaftarkan diri dengan polis asuransi, kalian aka mendapatkan jaminan pengembalian yang aka diberikan diakhir kontrak. Asuransi yang ditujukan untuk investasi juga memberikan kemudahan dalam masa pertangguhan. Biasanya ada 3 waktu penangguhan yang ditawarkan kepada nasabah yaitu 5, 7, dan 10 tahun.

  • Membantu Meminimalisir Kerugian.

Hal ini yang sangat bermanfaat bagi para pengguna asuransi yaitu ketika terjadi masalah yang berhubungan dengan keugian maka akan mendapatkan cover dari perusahaan asuransi kalian. Sebagai contoh ketika kalian memiliki rumah pribadi dan kos-kosan, dan kalian mengasuransikan rumah anda saja. Maka ketika terjadi suatu tak terduga seperti kebakaran dirumah anda maka anda akan mendapatkan cover dari asuransi dan mengurangi kerugian yang terjadi. Namun ketika yang kebakaran itu kos-kosan anda yang tidak anda asuransikan maka anda akan mengalami rugi besar.

Manfaat Asuransi Secara Khusus

Manfaat asuransi secara khusus dapat kalian dapatkan sesuai dengan jenis asuransinya. Nah ada beberapa jenis asuransi yang harus kalian ketahui yang akan admin jelaskan di bawah bersamaan dengan yang didapatkan.

  • Asuransi Kesehatan

Asuransi ini secara khusus diperuntukkan untuk anda dan memberikan manfaat atas jaminan biaya kesehatan ataupun perawatan ketika terjadi kecelakaan maupun jatuh sakit. Asuransi kesehatan memberikan jaminan dana yang anda butuhkan untuk membiayai kebutuhan kesahatan anda maupun keluarga anda sebagai pengguna asuransi.

  • Asuransi Jiwa

Asuransi ini diberikan kepada seseorang yang menanggung kerugian financial yang tak terduga yang disebabkan oleh risiko kematian maupun hidup yang terlalu lama.

  • Asuransi Jaminan Hari Tua

Asuransi ini bertujuan untuk dapat memberikan kepastian pendapatan pada saat menjalani masa pension, dan juga kepada keluarga apabila tertanggung meninggal dunia. Manfaat seperti ini sangat berguna untuk kalian untuk menikmati masa tua kalian tanpa harus memikirkan dana untuk keperluan hidup.

  • Asuransi Pendidikan

Asuransi ini dilakukan untuk tujuan pendidikan anak dari SD hingga ke Perguruan Tinggi, asuransi ini terbagi menjadi 2 yaitu proteksi dan investasi

  • Asuransi Properti

Asuransi ini jarang di dengar di kalangan masyarakat luas karena asuransi ini diperuntukkan untuk pengguna asuransi dalam memberikan jaminan rumah maupun asset pribadinya agar aman. Hal ini dilakukan karena untuk mengantisipasi jika terjadi kejadian yang membuat kerusakan atau hilangnya asset, maka akan mendapat jaminan dari pihak asuransi.

  • Asuransi Perjalanan

Asuransi perjalanan biasanya diberikan kepada pengguna asuransi yang melakukan perjalanan dan diberikan perlindungan meliputi biaya medis, kehilangan barang dibagasi, kehilangan dokumen perjalanan dan lain lain.

  • Asuransi Kendaraan Bermotor

Salah satu jenis asuransi yang sering digunakan masyarakat luas adalah asuransi Kendaraan Bermotor. Asuransi ini memberikan jaminan ketika pengguna asuransi mengalami kerugian atau kerusakan kendaraan bermotornya. Kerugian atau kerusakan yang ditanggung adalah sebagi berikut :

  • Kecelakaan lalu Lintas
  • Perbuatan jahat orang lain
  • Kebakaran
  • Pencurian

Kesimpulan

Asuransi diperuntukan untuk masyarakat luas yang bertujuan membantu mengurangi kerugian jika terjadi sesuatu hal yang tak terduga dan membuat kalian mengalami kerugian. Dengan mengetahui Manfaat Asuransi dapat membantu kalian dalam menentukan asuransi apa yang sesuai dengan kebutuhan kalian. Semoga apa yang admin sampaikan diatas dapat membantu kalian semua mengenai Manfaat Asuransi Secara Umum dan Khusus berdasarkan Jenis Asuransi