Banyak pilihan instrumen investasi yang bisa dipilih. Salah satu yang paling diminati adalah investasi saham di bidang batu bara. Bagi para investor baru tentu perlu mengetahui apa saja saham batu bara terbaik sebelum memutuskan untuk menanam modal pada instrumen ini.

Meski harga saham, batu bara cukup mahal, nyatanya tidak mengurangi minat investor. Hal ini dikarenakan investasi ini mampu memberikan keuntungan yang cukup besar namun dengan resiko yang minim. Oleh sebab itu berikut beberapa daftar saham batu bara terbaik di BEI:

1. PTBA

Saham batu bara yang terbaik pertama datang dari perusahaan BUMN PT Bukit Asam. Perusahaan yang satu ini memang hanya berfokus pada hasil tambang batu bara di daerah SumSel (Sumatera Selatan) dan beberapa wilayah di sekitarnya.

Meski sudah berdiri sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Nyatanya emiten yang satu ini masih mampu menunjukkan eksistensinya. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pendapatan dari tahun ke tahun.

Terhitung pada tahun 2021 tepatnya bulan September PTBA mampu membukukan pendapatan sebesar Rp 19 Triliun. Dengan keuntungan bersih Rp 7,9 Triliun. Angka ini menemui peningkatan dari tahun sebelumnya, yang cuma meraup keuntungan senilai Rp 2,39 Triliun saja.

2. ITMG

Saham batu bara terbaik selanjutnya menurut para pengamat adalah ITMG milik PT Indo Tambangraya Megah Tbk. Perusahaan ini bekerja cukup keras untuk meningkatkan kinerja. Hal ini dapat dilihat dari adanya kenaikan keuntungan bersih yang diperoleh di tahun 2021 kemarin.

Dalam perjalanan setahun kemarin saham ITMG terus saja merangkak naik hingga mampu menyentuh nilai 48.7%. Selain itu dari segi keuntungan bersih juga mengalami peningkatan dengan nilai yang cukup besar, yaitu 1,105%.

Dibandingkan pada tahun 2020 yang mengantongi keuntungan bersih sebesar US$ 39,47. Pada tahun selanjutnya ITMG mengalami peningkatan hingga dapat meraup US$ 2,08 miliar. Dan para pengamat percaya hal ini akan terulang lagi pada tahun 2022.

3. ANTM

Saham yang satu ini merupakan milik perusahaan Aneka Tambang. Layaknya PT Bukit Asam yang merupakan BUMN, hanya saja perusahaan ini memang lebih mengutamakan hasil tambang pada sektor emas. Selain itu emas yang dihasilkan juga mampu menguasai pasaran.

Dalam dunia pemasaran, Aneka Tambang bekerja sama dengan UBS. Meski dalam sektor emas sudah tidak perlu diragukan lagi, nyatanya dalam segi batubara juga cukup menjanjikan. Hal ini dibuktikan dengan ANTM yang mampu membukukan laba bersih mencapai Rp 26 Triliun.

4. ADRO

Daftar saham batu bara terbaik selanjutnya adalah ADRO. Emiten hasil tambang ini terus mengalami kenaikan sejak kuartal pertama di tahun 2021. Dan hal tersebut terus terjadi hingga tahun ini. Tidak mengherankan karena ADRO merupakan market cap yang memiliki cakupan besar.

Apabila diteliti pada awal tahun ini, harga saham dari emiten ini sudah menebus angka sebesar Rp 2.500 per lembar. Sedangkan pada bulan maret mengalami peningkatan sampai Rp. 3.200 per lembar. Menurut para ahli kenaikan ini akan terus berlangsung.

5. BUMI

Saham batu bara terakhir yang perlu diperhitungkan menurut para ahli adalah BUMI. PT Bumi Resources Tbk merupakan emiten terbesar yang bergerak pada produksi hasil pertambangan batubara. Maka tidak heran jika saham yang satu ini memiliki peminat yang relatif banyak.

Terlebih lagi di tahun ini saham BUMI terjadi peningkatan yang signifikan. Buktinya pada awal tahun ini saja harga saham mengalami kenaikan sampai 8,96% dan menjadikan harga per sahamnya menjadi Rp 73. Dan akumulasi pada bulan tersebut mencapai 13,34%.

Itulah lima daftar saham batu bara terbaik. Namun perlu diingat tulisan di atas hanya sebagai acuan, segala keputusan untuk membeli atau menjual saham berada penuh di genggaman para investor. Karena dalam bermain investasi setiap investor memiliki cara dan triknya sendiri.

Share.