Hari ini sangat banyak ditemukan jasa pinjaman online yang beredar di tengah-tengah masyarakat. Tidak heran jika banyak promosi yang sering mampir melalui SMS atau sejenisnya. Tentu ini akan mengganggu kenyaman. Maka dari itu perlu menyimak cara menghilangkan jejak dari pinjaman online.

Seperti yang sudah dipahami, bahwa sudah pasti nomor HP tersebut masuk dalam sistem SMS Blast. Sehingga sangat lumrah jika nomor tersebut akan selalu mendapatkan SMS dari pihak pinjol. Atau memang pengguna pernah meminjam di aplikasi online tersebut. Oleh karena itu berikut cara menghilangkan datanya:

Mengapa Harus Menghapus Data Dari Pinjaman Online?

Sebelum dipaparkan lebih detail mengenai cara menghilangkan jejak dari pinjaman online, maka pahami dulu alasan perlu menghapus data pribadi tersebut. Salah satu yang sangat beresiko sebenarnya saat pengguna terlanjur join kepada pinjaman online ilegal.

Pasalnya para Pinjol Ilegal bisa menghubungi beberapa nomor yang tersimpan di HP tersebut. Padahal orang yang dihubungi tersebut tidak ada hubungannya. Namun, memang bisa jadi hal demikian itu digunakan oleh oknum Pinjon Ilegal untuk mempermalukan customernya karena keterlambatan pembayaran.

Hal tersebut terjadi saat adanya aplikasi Pinjol yang meminta akses internet, nomor HP dan lain sebagainya. Bahkan hati-hati juga jika sampai ada yang meminta akses ke media sosial. Namun, karena jika akses tidak diizinkan maka aplikasi tidak akan bekerja optimal.

Sehingga banyak orang yang dengan ringan tangan mengizinkannya tersebut. Para pengguna lupa jika itu bisa membuat hal tidak nyaman. Oleh karenanya untuk meminimalisir adanya ketidaknyaman tersebut, sudah pasti ingin menghapus data tersebut. Tidak hanya data, tetapi juga ingin menghapus nomor HP tersebut dari aplikasi Pinjol.

Cara Menghapus Data Dari Pinjaman Online

Setelah membaca beberapa alasan mengapa perlu menghapus data yang tersimpan dalam database Pinjol, maka saatnya pembaca juga harus paham bagaimana cara menghapus data tersebut. Berikut ulasan lengkapnya ada disini:

1. Melalui Hapus Izin Aplikasi

Untuk pembahasan yang pertama mengenai cara menghilangkan jejak dari aplikasi Pinjol. Adapun caranya bisa dengan menghapus izin aplikasi. Berikut ulasan lengkapnya ada disini.

  • Masuk pada bagian pengaturan  yang ada di HP masing-masing.
  • Kemudian bisa klik pada bagian menu APL atau aplikasi.
  • Selanjutnya pengguna bisa klik pada submenu selanjutnya yaitu kelola aplikasi. Lalu masuk pada aplikasi Pinjol yang ingin dirubah pada bagian izin aksesnya.
  • Scroll atau gulir sampai ke bagian bawah kemudian menemukan semacam menu yang digunakan untuk perizinan aplikasi alias “perizinan apl”.
  • Pengguna bisa klik satu persatu untuk mematikan perizinan apl. Dan jika sudah semua, maka cara ini selesai.

2. Melalui Pelunasan Jika Ada

Agar bisa segera menghapus jejak pinjaman online, maka pengguna perlu melakukan beberapa hal berikut ini:

  • Melunasi tagihan dan kemudian dilanjutkan dengan mengajukan permohonan penghapusan data. Adapun untuk pengajuan ini bisa dilakukan dengan menghubungi CS.
  • Menginstall Aplikasi sehingga data ponsel tidak lagi bisa dilacak.
  • Mereset HP tersebut sehingga menunya sesuai pengaturan pabrik. 
  • Mengganti sim card hingga nomor jika diperlukan. Jika masih saja tetap mengganggu bisa langsung melaporkan kepada pihak yang berwenang. 

Dengan mempelajari cara menghilangkan jejak dari pinjaman online, pembaca tidak perlu khawatir atau risih lagi. Pasalnya data tersebut akan segera hilang dan pembaca bisa lebih nyaman saat mengoperasikan HP. Tidak lagi melihat notif dari promosi pinjol yang membuat risih.

Share.