Cara membuat rekening Bank tanpa KTP sangat bisa dilakukan. Ada berbagai jenis tabungan dan salah satunya tidak memerlukan ktp dalam proses pembuatannya. Pihak bank memang memberikan kemudahan dalam pembuatan rekening meskipun belum memiliki KTP.

Seperti yang diketahui semua orang bahwa KTP sangat penting peranannya dalam membuat rekening tabungan. Membuat rekening bank tanpa KTP hanya bisa dilakukan oleh anak atau remaja yang belum berusia 17 tahun. Bagi orang dewasa yang telah berusia 17 tahun dan sudah memiliki KTP tentu harus menyertakan identitas tersebut.

Cara Membuat Rekening Bank Tanpa KTP

Cara membuat rekening bank tanpa KTP sangat mudah dilakukan dan juga cepat prosesnya. Ada beberapa Bank yang melayani pembuatan rekening yang tidak memerlukan KTP sebagai syarat pembuatannya. Layanan pembuatan rekening bank tanpa KTP tersebut hanya diperuntukan bagi anak dibawah 17 tahun.

Dalam Mengajarkan anak untuk menabung tidak selalu dengan menyisihkan uang receh. Sekarang ini orang tua bisa mengajarkan anak untuk menabung dan menyisihkan uang jajannya untuk ditabung di bank. Adapun cara untuk membuat rekening bank tanpa KTP adalah sebagai berikut:

1. Siapkan Berkas Yang Dibutuhkan

Cara membuat rekening bank tanpa KTP yang pertama yakni dengan menyiapkan berkas yang dibutuhkan. Pastikan saat anak membuat rekening bank harus memiliki pendamping. Berkas yang harus disiapkan yakni kartu pelajar asli dan juga fotokopiannya.

Selain kartu pelajar berkas lainnya yakni berupa akta, kartu keluarga dan data penting anak dan keluarga intinya. Ada juga beberapa bank yang mengharuskan melampirkan KTP orang tua. Namun tidak semua bank harus melampirkan KTP orang tua hanya minta fotonya saja.

2. Siapkan Dana Awal

Sesudah menyiapkan data atau berkas yang diperlukan maka yang harus disiapkan selanjutnya yakni dana awal untuk setoran. Setoran awal biasanya berbeda-beda pada setiap bank. Mulai dari nominal 5.000 sampai dengan 250.000 tergantung kebijakan bank masing-masing.

Sebelum membuka rekening bank tanpa KTP sebaiknya cari tahu terlebih dahulu informasi bank yang aman di Indonesia. selain keamanan yang perlu diketahui juga pelayanan dalam kebutuhan menabung. Cari informasi dengan menghubungi customer service bank dan tanyakan setoran awal serta penjelasan lainnya untuk menghindari kesalahpahaman.

3. Datang Dan Mengisi Data Diri

Cara membuat rekening bank tanpa ktp selanjutnya yaitu dengan datang dan mengisi data diri pada formulir pendaftaran rekening bank. Nasabah harus mengisi formulir dengan cermat. Usahakan saat membuat rekening bank anak harus ada yang mendampingi yaitu orang tua atau guru yang sudah memiliki KTP.

Pengisian data diri tersebut adalah langkah yang cukup penting pada proses pembuatan rekening bank. Jika mengalami kesulitan jangan malu atau takut untuk bertanya kepada customer service. Setelah pengisian data diri selesai pihak Customer service akan meminta kartu pelajar dan berkas pendukung lainnya.

4. Proses Tanda Tangan

Setelah seluruh formulir terisi biasanya customer service akan meminta tanda tangan untuk pengesahan akhir. Tanda tangan yang dibubuhkan pada formulir diusahakan sma dengan yang terdapat pada kartu pelajar atau identitas lainnya. Jika tanda tangan berbeda maka customer service akan meminta untuk mengulanginya.

Pengulangan biasanya dilakukan sampai tanda tangan benar-benar mirip atau sama. Setelah itu customer service akan meminta biaya administrasi dan juga materai. Biaya-biaya yang harus dikeluarkan terjangkau dan tidak membebani.

5. Selesaikan Proses Pembuatan ATM

Cara membuat rekening bank tanpa ATM yang terakhir yaitu dengan menunggu proses pembuatan ATM selesai. Biasanya pembuatan ATM tidak memakan waktu yang lama. Pada proses pembuatan ATM, Customer service akan meminta nasabah untuk memasukan pin ATM beberapa kali.

Pilihlah pin ATM yang mudah di ingat dan juga tidak mudah untuk ditebak. Setelah ATM jadi maka nasabah harus segera mengeceknya di ATM terdekat. Manfaatkan juga berbagai fasilitas bank seperti internet banking, mobile banking, dan lainnya.

Bank Yang Menyediakan Layanan Pembuatan Rekening Tanpa KTP

Beberapa bank memang telah memudahkan nasabahnya untuk membuat rekening bank tanpa KTP. Akan tetapi layanan tersebut hanya diperuntukan bagi anak yang belum berusia 17 tahun. Berikut daftar bank yang menyediakan layanan pembuatan rekening tanpa KTP:

  • BRI.
  • BNI.
  • Cimb Niaga.
  • BCA.
  • Maybank.
  • BTN.
  • Mandiri.
  • Panin Bank.
  • dan lain-lain.

Nah itulah pembahasan mengenai cara membuat rekening bank tanpa KTP serta bank yang menyediakan layanannya. Membuat rekening bank tanpa KTP tetap harus memperhatikan beberapa hal. Cara diatas sama dengan pembuatan rekening bank seperti biasanya yang membedakan hanya pada penggunaan identitasnya saja.

Share.