Cara Investasi yang Tepat dan Efektif Bagi Pemula

Cara Investasi yang Tepat dan Efektif Bagi Pemula?-Pada masa pandemi seperti sekarang ini, banyak sekali anak-anak milenial dan masyarakat yang mencari tahu mengenai investasi. Mungkin ada banyak pertanyaan yang akan timbul. Salah satu dan yang sering dipertanyakan tentang investasi adalah bagaimana cara berinvestasi yang membantu mendapatkan keuntungan bagi investornya.

Banyak cara yang dapat kalian lakukan untuk memulai sebuah investasi dan apalagi saat ini sudah banyak platform investasi online yang akan memudahkan kalian untuk memulai berinvestasi. Nah hal ini juga yang mendorong keinginan masyarakat maupun anak-anak generasi millenial untuk memulai berinvestasi. Lalu bagaimana sih cara investasi yang tepat dan efektif bagi para pemula?

Apa itu investasi?

Investasi adalah salah satu cara untuk dapat memenuhi tujuan keuangan. Banyak cara yang dapat kita lakukan dalam memulai atau mencoba untuk berinvestasi. Namun, perlu juga kalian ketahui bahwa investasi tidak selalu mendapatkan keuntungan, karena itu uang kalian yang kalian investasikan menjadi taruhannya karena setiap peluang pasti ada resiko.

Namun kalian jangan khawatir karena saat ini ada banyak produk atau instrumen investasi yang tingkat resikonya rendah.

Baca juga : cara daftar neo+

Hal-hal yang perlu kalian perhatikan sebelum memulai investasi.

  • Tujuan berinvestasi

Setiap orang pasti mempunyai mimpi yang ingin dicapai, begitupun dalam berinvestasi. Jadi kalian harus menentukan tujuan apa yang akan kalian capai sebelum memulai investasi. Dengan tujuan yang jelas dan dilakukan dengan terstruktur, besar kemungkinan bahwa apa yang kalian lakukan dalam berinvestasi akan mencapai kesuksesan. 

  • Hitung pendapatanmu

Hal selanjutnya yang perlu kalian lakukan adalah menghitung pendapatan kalian. Hal ini dilakukan untuk mencari tahu kondisi keuangan kalian dan  menentukan seberapa besar modal yang akan kalian pakai untuk berinvestasi nantinya. 

  • Cek utang piutang 

Sudah banyak bukti investor yang gagal menjalankan bisnisnya karena mereka lalai mengenai masalah utang piutang. Padahal di dunia investasi kalian harus selalu berhati-hati dan menerapkan strategi yang tepat saat menanamkan modal investasi kalian.

Jika kalian masih mempunyai utang piutang di sarankan untuk melunasinya terlebih dahulu agar tidak mengganggu kegiatan investasi yang akan kalian lakukan nantinya. 

  • Hitung jumlah aset yang dimiliki

Aset yang kalian memiliki bisa menjadi keuntungan bagi kalian karena kalian bisa menggunakannya untuk modal awal dalam berinvestasi. Semakin banyak aset berharga yang kalian miliki, kemungkinan mendapatkan keuntungan juga semakin besar. Hal ini karena kamu tidak perlu mencari sumber dana lainnya untuk investasi.

Jadi lebih disarankan perbanyak aset berhargamu untuk memperbesar kemungkinan keuntungan dalam berinvestasi.

Solusi investasi di era digital.

Di era digital saat ini yang semuanya serba menggunakan teknologi kalian tidak lagi harus datang ke bank kustodian maupun perusahaan manajer investasi untuk dapat melakukan investasi. Kini kalian juga dapat melakukan kegiatan investasi secara online dan mudah dilakukan dimana dan kapan saja meski memiliki keterbatasan dana.

Karena dengan investasi online kalian dapat dengan mudah mengaksesnya dan hanya mulai dari Rp.10.000 kalian sudah bisa mulai melakukan kegiatan investasi. Adapun keuntungan kalian menggunakan investasi online antara lain:

  • Mudah di akses 

Dengan adanya aplikasi investasi itu akan memudahkan kalian untuk dapat mengakses dimana dan kapan saja menggunakan handphone . Dan hal yang paling penting adalah kalian tidak perlu datang dan mengantri untuk melakukan proses investasi 

  • Modal yang terjangkau

Bagi kalian yang mempunyai masalah terkait modal awal jangan risau karena hanya dengan Rp.10.000 saja kalian sudah bisa memulai kegiatan investasi. Jadi cocok sekali bagi para pemula yang ingin belajar untuk berinvestasi.

  • Cepat

Pada awalnya yang apabila kalian ingin berinvestasi harus datang dan mengantri di kantor yang pastinya memakan waktu lama, dengan adanya aplikasi investasi kalian akan lebih cepat dalam melakukan kegiatan investasi dan tidak memakan waktu pastinya.

  • Melewati batas negara

Tidak hanya di satu negara kalian berinvestasi. Kalian juga dapat berinvestasi di perusahaan yang berbeda negara dengan kalian. Kalian juga dapat masuk ke pasar internasional dengan mudah dan murah 

  • Monitor dilakukan secara realtime

Saat kamu mulai melakukan investasi kalian disarankan untuk mengecek secara rutin baik 1 bulan sekali atau 3 bulan sekali. Namun dengan adanya investasi online kaliandapat memonitoring setiap hari dengan mudah dan secara realtime.

Cara memulai investasi online dengan tepat 

Di era digital pada saat ini kalian tidak perlu keluar rumah untuk melakukan investasi. Hadirnya investasi online dapat membantu dan memudahkan kalian namun, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam memulai investasi online antara lain :

  • Pilih platform investasi yang tepat

Pemilihan platform adalah langkah awal yang harus diperhatikan saat ingin memulai investasi. Pastikan platform yang anda pilih terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan agar ketika terjadi masalah nanti dapat dengan mudah diselesaikan. 

  • Tanamkan pemikiran yang tepat

Tanamkan pemikiran bahwa investasi tidak membuat anda cepat kaya namun tanamkan bahwa investasi adalah cara yang dapat membantu anda bebas finansial di masa depan. Karena jika kalian menganggap berinvestasi adalah cara agar cepat kaya maka kalian akan mudah terjerumus dengan investasi bodong. Karena investasi membutuhkan waktu yang tidak sebentar.

  • Jangan mengabaikan inflasi

Hal ini harus diperhatikan karena jika kalian mengabaikan inflasi dalam melakukan investasi jangka panjang, bisa jadi investasi kalian akan menurun daya belinya di masa depan. 

  • Membagi modal yang dimiliki

Saat berinvestasi disarankan tidak menaruh modal di satu tempat saja. Hal ini dikarenakan jika terjadi kerugian maka kalian akan rugi besar. Oleh karena itu disarankan untuk membagi modal kalian ke beberapa jenis investasi. Misalnya kalian membeli saham di perusahan A, kalian juga bisa membeli reksadana dengan risiko yang minim guna menghindari kerugian yang besar ketika harga saham kalian menurun. 

  • Pilih instrumen yang tepat 

Saat ini ada banyak instrumen investasi yang dapat kalian pilih. Pilih instrumen investasi sesuai dengan tujuan dan kemampuan finansial kalian. Beberapa instrumen investasi antara lain : investasi saham, obligasi, surat berharga, deposito dan lainnya.

Setiap instrumen investasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing dan juga memiliki resiko yang berbeda antara satu dengan yang lainnya. Urutan instrumen investasi yang beresiko dan keuntungannya tinggi yaitu saham, reksadana, obligasi dan yang terakhir deposito.

  • Start dengan modal kecil 

Bagi para pemula disarankan untuk lebih dulu memunculkan rasa percaya diri oleh karena itu mulailah investasi sedikit demi sedikit. Pilihlah investasi yang terjamin dan pastikan performa baik dari lima hingga sepuluh tahun terakhir.

  • Jangan berlebihan  

Ketakutan terbesar seorang investor adalah kehilangan uang. Jika kalian mengalami hal semacam itu, jangan panik dan usahakan tetap tenang. Sangat tidak disarankan untuk berhutang karena itu akan menambah masalah di kemudian hari. Bagi kalian para pemula jangan mudah terkecoh dengan rekomendasi teman mengenai investasi yang belum tentu benar guna menghindari hilangnya uang kalian. 

  • Jangan sering memantau 

Disarankan jangan terlalu sering memantau perkembangan investasi kalian. Karena itu dapat mengakibatkan rasa khawatir dan mempengaruhi pengambilan keputusan kalian nantinya. Ingat, pada dasarnya investasi adalah tabungan jangka panjang jadi cobalah untuk memonitor perkembangan investasi kalian minimal satu bulan sekali.

  • Perhatikan profil risiko investasi

Profil risiko investasi dapat membantu kalian untuk mengetahui investasi apa yang cocok yang akan kalian lakukan berdasarkan kecenderungan atau toleransi terhadap kerugian dan tingkat oengembalian.

  • Pertimbangkan biaya yang dikenakan

Hal terakhir yang tidak kalah penting adalah kalian harus memperhatikan biaya yang dibebankan kepada kalian. Setiap platform pasti memberikan beban biaya yang berbeda-beda. 

Hal ini dilakukan untuk memberikan rasa aman dari segi biaya. Biasanya ada 3 jenis biaya yang akan dibebankan kepada kalian yaitu biaya pembelian, biaya penjualan dan biaya pengalihan.

Begitulah cara investasi yang tepat dan efektif bagi pemula dan bisa kalian coba untuk lakukan. Perlu diingat bahwa selain risiko dan return, kamu juga harus memastikan terlebih dahulu apakah platform yang kalian gunakan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). 

Baca juga : cara daftar neo+

Cukup sekian pembahasan mengenai cara investasi yang tepat dan efektif bagi pemula. Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat untuk kalian. Jika ada pertanyaan mengenai cara investasi yang tepat dan efektif bagi pemula bisa tinggalkan komentar kalian. Terima Kasih.