6 Tips Investasi di Aplikasi Ajaib Agar Cepat Untung 2021

Ajaib merupakan salah satu platform investasi yang bisa jadi jalan untuk merencanakan keuangan masa depan. Namun, kita harus memahami tips investasi di aplikasi Ajaib yang benar agar prosesnya berjalan dengan baik.

Ketika berinvestasi, hal pertama yang harus dipersiapkan adalah menentukan jenis produk. Ajaib memiliki produk saham dan Reksadana. Masing-masing punya kelebihan dan kekurangan, pilih saja yang sesuai dengan modal dan kebutuhan Anda.

Setelah sebelumnya mengulas tentang cara daftar aplikasi Ajaib, kali ini kami akan memberikan tips investasi di aplikasi Ajaib untuk pemula agar cepat untung dan meminimalisir kerugian.

Tips Investasi Saham di Aplikasi Ajaib

Berikut ini beberapa tips investasi di aplikasi Ajaib yang harus dipahami sebelum mengalokasikan dana untuk membeli produk investasi yang Anda inginkan.

1. Mulai dengan Modal Sedikit

Investasi memang harus punya modal besar jika ingin cuan banyak. Namun, ketika Anda baru mengenal saham maupun Reksadana, sebaiknya mulai dengan modal sedikit sambil terus belajar dan menganalisa pergerakan.

Ini bukan hanya berlaku sebagai tips investasi di Ajaib, melainkan semua platform yang menjadi wadah untuk berinvestasi, seperti Bibit hingga Bareksa.

Kalau investasi dimulai dengan menanam modal besar, apalagi harus mengorbankan uang tabungan, ditakutkan Anda tidak mampu meng-handle kerugian.

2. Beli Saham yang Potensial

Selanjutnya, tips investasi di aplikasi Ajaib juga tak lepas dari membeli saham blue chip atau saham yang potensial. Maksudnya, Anda harus mengetahui perusahaan yang terkenal hingga pelosok daerah dan produknya laku di pasaran.

Jangan pernah tergiur dengan saham gorengan meskipun saat ini grafiknya sedang menanjak. Karena kenaikan tersebut sifatnya hanya sementara, dan ketika ada kasus atau produk mereka mulai sepi peminat, sahamnya pasti akan turun drastis.

3. Jangan Fokus Pada Satu Saham 

Istilah yang satu ini termasuk tips investasi di aplikasi Ajaib paling dasar dan tak boleh diabaikan. Jadi, Anda wajib membeli banyak saham. Pasalnya, jika saham satu sedang turun, Anda masih punya cadangan lain untuk meminimalisir kerugian.

4. Pikirkan Jangka Panjang

Berdasarkan pengamatan para ahli, risiko pasar saham sangat besar. Berinvestasi untuk jangka panjang adalah opsi terbaik. Jadi, Anda tidak disarankan untuk terjun ke dunia saham bila ingin mendapatkan untung cepat.

Saham dan Reksadana memiliki pergerakan fluktuatif, sehingga akan lebih aman jika dijankan untuk jangka panjang. Karena semakin lama Anda berinvestasi, keuntungan yang didapat juga semakin besar.

5. Terus Belajar dan Menganalisa

Selanjutnya, terus belajar mengenal tentang Reksadana dan saham. Tidak perlu guru, saat ini banyak video maupun artikel membahas cara analisa saham dan menjelaskan secara rinci tips sukses investasi melalui media aplikasi.

Dalam hal menganalisa, istilah paling populer adalah Analisis Teknikal dan Analisis Fundamental. Secara umum, Analisis Teknikal adalah menganalisa perihal sejarah harga saham perusahaan dan memprediksi seperti apa pergerakannya di masa depan.

Sedangkan Analisis Fundamental merupakan istilah yang mengacu pada ilmu dasar dari ekonomi, seperti laporan laba rugi dan neraca perdagangan.

Bukan hanya saham, jika memilih investasi Reksadana di Ajaib, Anda juga wajib memahami seluk beluk, profil risiko, serta produk Reksadana yang bagus dan sudah teruji.

6. Investasi Berbeda dengan Trading

Kebanyakan investor pemula hanya fokus pada keuntungan, dan biasanya mereka langsung mencairkan dana bila melihat ada kenaikan harga. Padahal, tips sukses investasi di aplikasi Ajaib adalah fokus untuk keuangan di masa depan.

Jadi, Anda harus paham kalau investasi sangat berbeda dengan trading. Sebab, modal yang ditanam tidak langsung bertambah dalam waktu singkat. Sabar adalah kunci, nikmati setiap prosesnya agar tujuan investasi tercapai.

Baca juga: Cara jual dan Beli saham Ajaib

Kesimpulan

Seperti halnya aplikasi lain, Ajaib menawarkan ragam fitur untuk memudahkan investor dalam berinvestasi saham atau Reksadana. Disamping itu, Ajaib juga memiliki sistem referral yang memberikan saham 1 lot gratis bagi pengguna baru.

Jadi, itulah beberapa tips investasi di aplikasi Ajaib yang harus diperhatikan bagi pemula. Semoga ini bisa jadi referensi saat berinvestasi dan mendapatkan cuan sesuai keinginan.